NEGARA ISLAM INONESIA, MUNGKINKAH?

Akhir akhir ini kita disibukkan dengan berita maraknya Negara Islam Indonesia. Ramai diberitakan bukan karena terror bom yang mereka lakukan tapi cara prekrutannya yang rada aneh yaitu dengan menghilangkan beberapa kader dari keluarga dan lingkungan. Sehingga menimbulkan keresahan.

Negara Islam Indonesia ini muncul dari sekelompok orang punya impian merobah Negara Kedaulatan Republik Indonesia menjadi Negara yang berlandaskan islam yang sebenarnya ini tidak ide baru tapi ide lama yang dipelopori oleh almarhum Kartosuwiryo. Melihat kenyataannya, tidak hanya NII yang bercita-cita seperti itu, tapi kelompok yang sekarang ini disebut teroris yang membom di sana sini konon kabarnya juga bercita-cita untuk mendirikan Negara Indonesia yang berlandaskan islam.

Sepintas lalu kita terkagum-kagum dengan cita-cita yang mulia itu. Sementara orang Indonesia lainnya bergulat memenuhi kebutuhan hidupnya, mereka-mereka itu berkorban nyawa untuk negara Indonesia yang berlndaskan Islam. Patut diacungi jempol.

Namun kemudian muncul tanda tanya, mungkinkah NegaraIslam Indonesia itu terjadi? Saya tidak mempermasalahkan mereka yang bercita-cita itu bisa atau tidak meruntuhkan negara Indonesia yang berdasarkan Pancasila ini menjadi negara yang berlandaskan Islam. Yang saya maksud disini apakah ada pemimpin yang sanggup menjalankan kepemimpinan sebagai negara Islam yang dicita-citakan itu.

Saya tidak hanya meragukan manusia indonesia tapi juga negara Islam lanilla di dunia ini yang bisa menjadi kepala negara yang berlandaskan Islam itu nantinya. Karena jira negara Islam tentu presidennya berprilaku sebagai yang dituntut oleh ajaran Islam yang begitu sempurna.

Dalam sejarah kita mengetahui, pemimpin atau Khalifa setelah nabi, dari 4 Khulafaur Rasyidin saja nota bene laansung dibina oleh Nabi Muhammad SAW, hanya Abubakar dan Umar bin Khatab saja yang dapat menjalankan pemerintah yang ideal berlandaskan Islam itu. Khalifa yang ke-3 dari Khulafaur Rasyidin itu Usman bin Affan mulai menyimpang dengan mempraktekkan apa yang disebut nepotisme yaitu mengangkat saudara-saudara dari kluarganya menjadi penjabat pemerintahannya. Karena nepotismo inilah kemudian terjadi pemberontakan yang akhirnya mengakhiri hidupnya. Dan nepotismo ini juga lah yang menjadi bibit perpecahan antara umat Islam sampai Semarang ini

Ali bin Abithalib ketika terpilih berusaha mengganti pejabat-pejabat yagn diangkat oleh Usman bin Affan. Yang terjadi kemudian hádala perlawanan dari mereka yang dipecat itu. Ujung-ujungnya Ali pun kehilangan kekuasaannya berkat kelicikan dari Muawiyah gubernur mesir yang diangkat oleh Usman.

Muawiayah ini mulai memerintah tidak sesuai dengan prinsip-prinsip kekhalifahan yang digariskan Nabi Muhammad SAW dan islam. Ia merobah kehalifahan menjadi kerajaan meskipun namanya tetap califa. Yang khalifahnya adalah keturunannya, tidak beda dengan kerajaan-kerajaan lain. Dari sekian banyak Khalifa dinastih Umayah yang kembali menjalankan pemerintahan sesuai dengan prinsip-prinsip Islam itu hánya satu orang yaitu Umar bin Abdul Aziz. Cicit Umar bin Khatab ini memerintah hanya sekitar 2 tahun 5 bulan Namun hasilnya luar biasa, ia berhasil mengentaskan kemiskinan di seluruh kerajaannya. Tidak ada lagi orang miskin, sehingga membayar zakat jadi susah mencari orang yang berhak menerima. Mungkin Umar bin Abdul Aziz inilah model kepala negara pemerintahan yang berlandaskan Islam disamping Abubakar shiddiq dan Umar bin Chatab,

Nah, adakah orang Indonesia atau manusia lain yang sanggup berbuat seperti Abubakar Shiddiq, Umar bin Khatab dan Umar bin Adul Aziz? Yang memerintah dengan tujuan yang suci Lillahi Taala hanya mengharapkan ridho Allah, tanpa berkeinginan sedikitpun untuk keuntungan pribadi dan keturunannya? Yang mereka pikirkan hanya bagaimana melindungi dan mensejahterakan rakyat? Adakah manusia Indonesia yang sanggup menjadi president dengan hidup Sangat bersahaja tanpa kemegahan dan menetapkan gajinya hanya 2 dirham seharí atau 60 dirham sebulan? Tanpa memberi fasilitas dan kemudahan acepada anak dan saudara-saudaranya?

Inilah yang diragukan, tersedianya manusia Indonesia yang sanggup berbuat seperti model ideal itu. Apakah mungkin mereka-mereka yang merasa kelompok mereka saja yang benar dan mengkafirkan orang lain yang tidak sealiran dengan mereka akan bisa menjalankan pemerintahan seperti tiga Khalifa yang disebutkan diatas? Apakah mereka yang katanya bertujuan perjuangan suci menegakkan Islam dengan mengorbankan nyawa orang lain akan berlaku adil kalau seandainya mereka yang nanti mengendalikan pemerintahan? Apakah kita yakin mereka yang menghalalkan membunuh manusia di tempat Ibadan seperti mesjid yang suci dimata orang Islam akan menegakkan pemerintahan Islam?

Sudah banyak negara-negara bereksprimen dengan negara Islam, contohnya saja Pakistan yang mula berdiri adalah Republik Islam. Namur kita sendiri bisa melihat hasilnya. Banyak negara-negara Arab awalnya bertekat memerintah berdasarkan Islam, Namur setelah mereka memegang tampuk kekuasaan rupanya tidak mampu menjalan kan seperti yang dicontohkan islam. Hasilnya jangankan mensejahterakan rakyat malah yang memerintah berobah menjadi tirani-tirani yang menghisap rakyat. Demikian juga partai-partai di Indonesia banyak yang mencoba berlandaskan Islam, tapi kita lihat sendiri apakah pemimpin-pemimpin mereka sanggup menjalani kehidupan ideal seperti yang diinginkan Islam? Akhirnya prinsip-prinsip Islam hanya sebagai retórica untuk menuju puncak kekuasaan, setelah kekuasaan ditangan mereka terlena menikati manisnya kekuasaan. Sayang, biasanya tokoh-tokoh yang katanya memperjuangkan Islam itu sering hanya mengeksploitir generasi muda Islam yang masih Lugu untuk mencapai keinginan mereka yang tidak benar-benar tulus. Maka oleh karena itu generasi muda Islam berhati-hati, dengan mereka-mereka yang berkedok Islam ini untuk tidak terpengaruh oleh retorika mereka yang palsu yang ujung-ujungnya hanya menghancurkan kehidupan dan masa depan yang sedang dibangun

No comments:

Post a Comment