KARYA TULIS ILMIAH NONPENELITIAN M O D U L (PART III)

B. Karakteristik dan Ciri-Ciri Modul
*      Bersifat detail bukan global karena modul bukan LKS.
*      Memperhatikan "rumpun" materi. Misalnya menulis, membaca, sastra, dsb.
*      Mengacu pada karakteristik mata pelajaran, standar kompetensi mata pelajaran, dan materi pokok.
*      Dapat dipelajari secara mandiri oleh siswa karena bersifat detail.
*      Dapat berfungsi sebagai penjabaran materi, pen­dalaman materi, dan alat evaluasi.
*      Membuka peluang proses penyampaian yang aktif, menyenangkan, dan variatif.
*      Bersifat fleksibel, terbuka, dan inovatif.
*           Memberikan gambaran kegiatan apa yang harus, perlu, seyogyanya atau disarankan untuk dilakukan siswa (tidak mesti ekplisit tapi dapat implisit).
*           Bersumber atau mengacu dari referensi induk dan dari beberapa sumber.
*      Penyusunannya dapat dilakukan secara individu atau kelompok. Apabila kelompok sangat disarankan un­tuk mempertimbangkan aspek kecenderungan, minat, visi personal, dan keahlian khusus dengan tetap ber­pegang pada semangat menghargai perbedaan.
*      Diupayakan memuat penugasan terstruktur, kegiatan
mandiri tidak terstruktur dan program remedial.
*      Sedapat mungkin memasukkan unsur lokalitas, kon­tekstualitas tanpa mengabaikan universalitas.


No comments:

Post a Comment