BUMI BULAT ATAU DATAR


Bumi ini bentuknya bulat atau datar? Mulai dari sekolah dasar kita belajar dari  guru-guru   dan buku-buku yang kita baca mengatakan bahwa bumi ini bulat. Kalau di sekolah guru kita menjelaskan lengkap dengan bukti-buktinya. Selama puluhan tahun bahkan mungkin ratusan tahun orang sudah percaya bahwa bumi ini bulat dan tidak ada pula terdengar orang mempermasalahkannya.
Galile Galileo


Namun hari-hari terakhir ini banyak yang mengatakan bahwa selama ini kita salah. Bumi itu bukan bulat tapi datar. Berarti guru kita dan juga buku yang kita baca selama ini salah, entahlah. Kasihan juga  Galile Galileo yang sudah mempertaruhkan nyawanya pada pengadilan gereja Itali tahun 1633 karena mempertahankan pendapatnya bahwa bumi ini bulat
 
Memang waktu itu orang sependapat dengan Aristoteles maupun keyakinan gereja yang menyatakan bumi ini datar. Namun setelah itu pendapat itu berobah, ilmuwan dan kalangan agama  juga sepakat bahwa dunia ini bulat. Setelah itu orang  tidak lagi mempermasalahkannya. Semua setuju bahwa bumi ini bulat, tidakada lagi yang menggugat atau mendebatnya. Masing-masing orang lebih sibuk dengan pekerjaannya masing-masing dari pada memikirkan bumi ini bulat atau pun datar

Namun baru-baru ini banyak lagi yang mempermasalahkan bentuk bumi ini. Kembali  lagi ke tahun sebelum 1633. Entah siapa yang memulai, mereka bilang Bumi ini tidak jadi bulat tapi datar.  Diantara mereka ada beberapa orang yang  berusaha meyakinkan saya. Berbagai dalih dan argument diajukannya. 

Saya bukan tidak setuju dengan mereka. Hanya saja menurut nalar saya, kalau bumi  ini datar tentu ada unjung atau pinggirnya.  Sebagai orang pecinta traveling saya ingin melihat pinggir dunia itu. Nah dimana letak pinggir dunia itu? Karena bumi ini luas, tentu pinggirnya sangat panjang.  Negara-negara apa saja yang letaknya di pinggir dunia?  Manakah pinggir dunia yang paling dekat dengan Negara kita Indonesia? Namun jawaban yang saya terima tidak ada yang jelas, selalu mengambang. Nah bagi pembaca yang tahu dimana lokasi pinggir dunia yang paling dekat dengan Indonesia tolong beritahu saya. Saya ingin berlibur kesana, pada liburan setelah lebaran ini. Saya akan ambil foto-fotonya nanti biar orang lain tahu pula bahwa dunia ini ada ujung dan pinggirnya, kalau perlu nanti kita kordinir paket wisata ke pinggir dunia, asyik juga bukan?

No comments:

Post a Comment