Tip Menghadapi Kepala Sekolah yang Bermasalah


Dalam dua kali postingan minggu yang lalu kita membicarakan masalah yang berhubungan dengan siswa. Yaitu bagaimana menghadapi slow learners dan bagaimana menghadapi siswa yang suka melawan guru di dalam kelas. Namun kadangkala, sebagai guru kita tidak hanya bermasalah  dengan murid dan masalah administrasi saja tapi adakalanya juga masalah yang berhubungan dengan kepala sekolah.

Mari Dapatkan Rp.800 Juta,- dengan modal hanya 25 ribu rupiqh Dari Bisnis Iklan Rp.800 Juta,- Dari BisnisIklan
Silahkanklik :
https://muslimpromo.com/?ref=8076
Pada postingan minggu ini akan kita bicarakan bagaimana pula menghadapi permasalahan yang berhubungan dengan kepala sekolah. Kita semua menyadari bahwa kepala sekolah adalah manusia biasa seperti kita yang tidak sempurna. Memiliki kelebihan dan kekurangan. Idealnya  kita guru-guru punya hubungan yang harmonis dengan kepala sekolah. Saya yakin semua guru mengimpikan memiliki hubungan yang solid, positif, konstruktif dan saling menghargai dengan kepala sekolah.

Hubungan yang ideal seperti di atas harus diusahakan, agar kita bisa menikmati pekerjaan sebagai guru dengan menyenangkan. Punya  keyakinan penuh bahwa kepala sekolah adalah atasan yang selalu membimbing dan membantu kita agar kita tambah percaya diri menghadapi masalah-masalah yang berhubungan dengan kegian pembelajaran.

Namun kalau nasib lagi sial, dapat kepala sekolah yang bermasalah, kita sudah berusaha untuk menjalin hubungan yang harmonis, tapi ia tetap tidak fair dengan dan selalu menjengkelkan kita. Kalau ini terjadi ada beberapa yang mungin bisa dilakukan:

  1. Kita harus tetap professional sebagai guru. Jangan banyak berfikir tentang kepala sekolah tersebut. Fokuskan pikiran untuk  pekerjaan, melengkapi administrasi pembelajaran, proses belajar di dalam kelas, dsb. Usahakan target pencapain siswa meningkat.
  2. Instropeksi diri. Apa sebetulnya kelemahan kita secara professional. Kalau kelemahan kita itu yang  membuat dia tidak menyukai kita, maka terus terang saja padanya bahwa kita memelukan pelatihan.
  3. Jika masalah berlanjut dan  kita  merasakan ketegangan yang meningkat dari kepala sekolah yang yang bermasalah ini, mulailah mendokumentasikan setiap peristiwa yang terjadi antara kita dan dia. Buat catatan harian, kalau perlu rekaman  yang berisi semua percakapan, topik pembicaraan, tanggal, waktu, dan durasi kunjungan kelasnya. Tulis juga Perasaan kita tentang masalah yang terjadi, tuduhan dia terhadap kita tidak benar, dan apa pembelaan kita.
  4. Jika kepala sekolah  menyerang dan kita mulai merasa menjadi korban, tetap tenang, Jaga sikap agar tetap  sopan dan  santun padanya.  Coba pikirkan. Sebenarnya apa yang dia inginkan. Kalau kita tidak tahu apa maunya, coba tanyakan sebenarnya yang dia inginkan apa. Kalau kita bisa memenuhi apa yang dia inginkan kerjakan.
  5. Kalau kita merasa kepala sekolah sudah di luar  batas dan membuat kita tidak nyaman dalam mengajar, pertimbangkan untuk berbicara dengan pengawas  yang membina sekolah. Kalau ini tidak mempan juga  naik ke yang lebih tinggi seperti perwakilan Persatuan guru yang ada atau instansi yang terkait membawahi sekolah kita, dengan membawa catatan dan rekaman yang telah kumpulkan selama ini. Jika selama ini kita adalah seorang guru profesional yang waras dan baik hati, tidak  pernah mengemukakan keluhan, pihak yang berwenang pasti menanggapinya.
  6. Jika masalahnya tidak membaik seiring waktu dengan mediasi dan kesabaran, maka kita  selalu dapat mengajukan diri untuk pindah ke sekolah lain. Atau kalau memungkinkan kita mengajukan kepada Dinas Pendidikan yang berwenang, dengan alasan dan bukiti-bukti kemudian petisi dari teman-teman lainnya untuk memindahkan Kepala \sekolah yang bermasalah ini.
Demikianlah beberapa saran untuk menghadapi kepala sekolah yang bermasalah. Saya berharap, Bapak/ Ibu guru sekalian tidak pernah menjalankan tip yang saya berikan ini karena saya mengharapakan Bapak/Ibu hubungannya harmonis dengan kepala sekolah di tempat Bapak/ibu mengajar. Selamat bertugas.Note :
-    Bahan diolah dari https://www.thoughtco.com/dealing-with-a-problem-principal-2081939

No comments:

Post a Comment