Metode Gasing dalam Mengajar, Apa itu?


Menggeluti profesi sebagai seorang guru menuntut seseorang untuk terus belajar dan meng update pengetahuannya.  Karena Selain harus mampu memberikan  pembelajaran dengan baik, guru  juga di tuntut untuk memberikan kenyamanan bagi  murid saat proses pembelajaran sedang berlangsung.


Dengan menciptakan suasana belajar yang baik, dapat membangkitkan semangat dan  gairah siswa untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Sehingga membuat peserta didik memaksimalkan pembelajaran di sekolah. Untuk dapat menciptakan suasana belajar dengan baik guru harus memiliki gudang pengetahuan tentang pendekatan pembelajaran. Pendekatan pembelajaran yang sudah umum diketahui guru adalah seperti Pembelajaran Aktif, Kreatif dan Efektif dan Menyenangkan (PAKEM); Kontekstual Teaching and Learning, Problem Based Learning, Scientifik Teaching and Learning dan yang lain-lainnya.


Nah berikut ini ada pula metode baru yang diperkenalkan oleh bapak Professor Yohannes Surya. Nama metodenya tidak asing bagi kita yaitu metode GASING.  Kata-kata gasing sudah tidak asing bagi kita, yaitu pemainan dari kayu yang biasa kita mainkan waktu SD dahulu. Tapi, apakah memang gasing dari kayu itu.


Sang Profesor telah membuktikan dengan metode ini ia berhasil mengukir prestasi  bagi murid-murid yang pernah ia bina pada olimpiade Fisika dan matematika dunia.Tercatat, anak didik Prof Yohanes Surya  Telah berhasil mendapatkan 54 mendali emas, 33 mendali perak dan 43 mendali perunggu di olimpiade fisika tingkat Internasional.

Bagaimana metode gasing tersebut?


Pertanyaan nya sekarang apa metode gasing tersebut? GASING merupakan singkatan dari kata Gampang, Asyik, dan Menyenangkan. Nyatanya dengan metode pembelajaran No Formulas (Tidak menggunakan rumus), murid-murid pak Prof Yohanes mampu mengerjakan soal-soal fisika tanpa coretan jalan pencarian yang panjang.

Gampang
 
Metode (Gampang) yang di maksud ialah memberikan penjelasan sederhana mungkin bagi peserta didik untuk memahami pelajaran.

Berikan jalan singkat dan mudah dalam memecahkan suatu soal tentunya dengan jawaban yang benar.

Asyik

 
Buatlah metode pembelajaran yang terasa asyik bagi peserta didik. Dengan itu maka peserta didik akan sangat tertarik untuk mengikuti pembelajaran dan mereka akan semakin mudah memahami materi pembelajaran yang di bawakan.

Menyenangkan

 
Metode pembelajaran (Menyenangkan) yang di maksud ialah menciptakan suasana belajar seru dan menyenangkan. Atau dengan cara yang lebih komunikatif dan attractive.

Dengan cara ini peserta didik akan mampu meng-ekpresikan pelajaran yang di bawakan oleh gurunya. Bahkan, dengan membuat susana belajar yang lebih menyenangkan, akan membuat peserta didik mudah untuk menyerap materi pembelajaran yang guru ajarkan.


Itulah metode GASING yang diperkenalkan oleh Professor Surya yang telah terbukti berhasil. Meskipun nampaknya tidak jauh-jauh juga dari PAKEM. Semoga ini menambah lagi alternative bagi kita guru untuk memilih dan menerapkan pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. Selamat Mencoba.
Catatan:
1. Bahan diolah dari https://maxinroe.blogspot.com/2017/08/20-tips-menjadi-guru-idaman-di-sekolah.html
2. Beberapa gambar diambil dari google

No comments:

Post a Comment