Guru yang Kreatif, Seperti Apa?


Seorang teman guru bercerita, sering ketika ia masuk kelas untuk mengajar, beberapa anak menyambutnya dengan pertanyaan,” Halaman berapa , Pak?” atau “Latihan halaman berapa, Pak? Mula-mula kawan guru ini menganggap sambutan seperti itu lumrah saja, namun belakangan dia merasa ada yang salah dengan  munculnya pertannyaan mereka itu.  Di sisi lain seorang guru pernah pula mengeluh. Ketika dia mengajar, banyak siswa yang permisi keluar. Permisi Pak, Permisi Pak. Dan pada akhir jam pelajaran anak yang di dalam kelas tinggal separoh.

Guru yang pertama merasa ada sesuatu yang salah dengan munculnya pertanyaan siswa tersebut, dan  mencoba memikirkan dimana salahnya. Guru yang ke-dua yang siswanya beransur-ansur keluar ketika mengajar ketika ditanya apa penyebabnya mengatakan bahwa murid-murid disekolah tempat dia mengajar itu anak-anak yang pemalas. Tidak ada motivasi belajarnya. Ketika saya tanya kenapa setelah dua orang siswa permisi keluar, siswa berikutnya tidak diizinkan lagi keluar sebelum siswa yang permisi terdahulu masuk.

Jawabannya di luar dugaan saya. “Siswa sekarang susah Pak, tidak bisa diatur, nanti kalau kita kerasi kita bisa dilaporkan ke polisi, melanggar HAM. Beda dengan Bapak jadi guru dulu, bebas menampar anak. Entah kapanlah guru bebas menampar anak.

Kebetulan saya sempat berjumpa dengan beberapa anak dari guru tersebut dan ketika saya tanyakan alasan mereka ke luar ketika jam pelajaran berlansung. Mereka menjawab. “Pelajarannya tidak enak, hanya membacakan buku teks, kita sudah ada bukunya. Lagi pula belajarnya gitu-gitu saja”
Ketika pada suatu kesempatan saya diundang menghadiri Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) saya kemukakan permasalahan ini kepada guru-guru yang hadir, mereka sepakat bahwa permasalahan muncul karena pembelajarannya monoton, tidak bervariasi. Kenapa pembelajaran menjadi monoton? Semua sepakat karena gurunya tidak keratif. Jadi untuk mengatasinya guru harus kreatif.

Apa itu kreatif? Ada yang mendefinisikan kreatif adalah suatu kemampuan yang ada pada seseorang yang memungkinkan seseorang itu melakukan terobosan terobosan atau pendekatan-pendekatan tertentu dalam memecahkan masalah dengan cara berbeda. Selain itu kereatif dapat juga di definisikan  sebagai suatu kemampuan dalam menciptakan hal-hal baru atau cara-cara baru yang berbeda dari dari sesuatu yang sudah ada sebelumnya. Jadi guru kreatif adalah guru yang mampu menciptakan sesuatu yang unik dan beda untuk kemajuan diri dan peserta didiknya.
Agar pembelajaran di kelas berlasung dengan menyenangkan seorang guru haruslah kreatif. Seprti apa guru kereatif itu? Rona Binham pernah menulis di kompasiana cirri-ciri guru kreatif itu adalah sebagai berikut:
1.Mampu menciptakan ide baru 


Kreatif identik dengan sebuah penemuan ide baru, jadi guru kreatif adalah guru yang bisa menemukan sebuah ide baru yang bermanfaat. Ide bisa muncul dengan sendirinya atau pun melalui perencanaan. Namun para guru perlu mengetahui untuk bisa menciptakan ide, para guru harus banyak belajar. Kalau hanya statis yang penting ngajar, saya rasa akan sulit buat guru untuk bisa menciptakan ide-ide yang segar.

2.Tampil beda 


Guru yang kreatif akan kelihatan tampil beda, di bandingkan dengan guru-guru yang lain. Mereka cenderung punya ciri khas tersendiri karena memang merek penuh dengan sesuatu yang baru, yang terkadang tidak pernah di pikirkan oleh guru-guru yang lain. Biasanya juga mereka lebih di sukai para siswa.

3.Fleksibel 

Guru yang kreatif adalah fleksibel , tidak kaku tapi tetap punya prinsip. Mereka memiliki kemampuan memahami para siswa dengan lebih baik, memahami karakter siswa, memahami gaya belajar siswa dan tentunya memahami apa yang diharapkan oleh siswa. Tapi mereka tidak lembek, mereka tetap tegas dalammengambil keputusan dan menjalankannya.

4.Mudah bergaul 

Guru yang kreatif adalah guru yang mudah bergaul dengan para siswa. hal ini harus ditunjukkan dengan sikap profesional guru saat berada di kelas dan pada saat di rumah atau di luar kelas. Guru tidak boleh terlalu jaga gengsi, karena hal ini akan membuat siswa enggan mendekati kita. Bersikaplah biasa-biasa saja, tidak terlalu jaga gengsi dan tidak terlalu bebas. Sebisa mungkin tempatkanlah siswa di hati kita sebagai teman dan sahabat dengan begitu, siswa akan merasa bahwa kita itu lebih bersahabat.

5.Menyenangkan 

Siapapun orang pasti suka dengan orang yang menyenangkan, termasuk siswa pasif akan lebih suka dengan guru yang menyenangkan dari pada guru yang menyeramkan. Ciri ini selalu di tunjukkan dengan sikap dan selara humor yang di miliki oleh seorang guru. Guru kreatif adalah guru yang menyenangkan dan memiliki selera humor yang baik. Biasanya juga mereka menggunakan humornya secara proposi tidak berlebihan dan tidak kurang. Pembelajaran yang terlalu tegang juga tidak akan menyenangkan, tapi terlalu banyak humornya juga tidak akan efektif.

6.Suka melakukan eksperimen 

Guru kreatif pasti suka melakukan eksperimen atau uji coba. Entah itu uji coba metode pembelajaran atau uji coba hal yang lain. Intinya uji coba inidilakukan untuk meningkatkan kemampuannya menjadi seorang guru. Dia tidak akan pernah jenuh untuk mencoba sesuatu yang baru, yang belum pernah di lakukan, kalau berhasil akan di teruskan kalau tidak akan di evaluasi, dan di jadikan bahan pembelajaran untuk mencapai sesuatu yang lebih baik

7.Cekatan 

Guru kreatif bekerja dengan cekatan agar dapat menangani berbagai masalah dengan cepat dan baik. Ia tidak suka menunda-nunda suatu pekerjaan. Setiap masalah yang di hadapi akan di selesaikan secepatnya dengan baik. Guru cekatan biasanya juga ringan tangan, Ia akan membantu siapa saja yang membutuhkan pertolongan.

Seorang guru yang memegang amanah mencerdaskan anak bangsa harus berusaha agar pembelajaran di kelas berlansung dengan menyenangkan. Oleh karena itu seorang guru harus  mengusahakan untuk selalau menemukan pendekatan- pendekatan atau cara-cara baru dalam pembelajaran agar siswa tidak merasa jemu di dalam kelas. 

 Catatan:
1.    Sumber tulisan https://www.kompasiana.com/binham/551258bea333115757ba8301/7-ciri-guru-kreatif.
2.    Sebagian gambar diambil dari google.

1 comment:

  1. Water Hack Burns 2lb of Fat OVERNIGHT

    Over 160k men and women are using a easy and secret "liquid hack" to lose 1-2 lbs each night as they sleep.

    It is very easy and it works with anybody.

    Here's how you can do it yourself:

    1) Get a drinking glass and fill it up half glass

    2) Now do this amazing HACK

    and you'll be 1-2 lbs skinnier in the morning!

    ReplyDelete