Teori Belajar Behaviorisme dan Penerapannya di Kelas


Jika kita berbiacara yang berhubungan dengan teori pembelajaran, banyak teman-teman guru menanggapinya dengan sinis. Ah, teori atau “Itukan sekedar teori.” Lebih ekstrim lagi “Nggak penting teori, yang penting praktek di lapangan” Sebenarnya teori sangat penting, namun yang lebih penting lagi bagaimana memanfaatkannya pada proses pembelajaran di dalam kelas

Secara umum teori tentang dasar-dasar pembelajaran ada tiga, yaitu Behaviorism, Cognitivism dan Humanism. Bagi yang  kuliah di Fakultas Keguruan tentu sudah terbiasa dengan teori ini karena ini merupakan mata kuliah yang diajarkan  bagi mahasiswa yang akan terjun menjadi guru. Namun, setelah menjadi guru apakah teori ini dimanfaatkan oleh guru pada proses pembelajaran? 

Sekarang mari kita lihat satu persatu dari tiga teori tersebut. Pertma Behaveiorisme. Menurut teori ini belajar adalah perubahan tingkah laku sebagai akibat dari interaksi stimulus dan respon. Terjadinya perubahan yang dialami siswa dalam kemampuannya untuk bertingkah laku dengan cara yang baru adalah hasil interaksi antara stimulus dan respon.

Pembelajarsangat dipengaruhi oleh kejadian-kejadian dalam lingkungannya. Peristiwa tersebut memberikan pengalaman tertentu kepadanya. Belajar atau leraning terjadi apa bila ada perubahan tingkah laku yang terjadi berdasarkan paradigm Stimulus – Respon (S-R), yaitu  suatu proses yang memberikan respon tertentu terhadap kejadian yang datang dari luar.

ProsesStimulus- Respon ini terdiri beberapa unsure, yaitu:
1.    Unsur dorongan (Drive). Siswa merasakan adanya dorongan  kebutuhan sesuatu.
2.    Adanya ransangan (Stimulus). Kepada siswa diberikan stimulus yang dapat memberikan respon.
3.    Respon dari siswa yang berupa suatu reaksi (Respon) terhadap stimulus yang diterimanya, misalnya dengan melakukan tindakan nyata.
4.    Unsur penguatan (Reinforcement) yang perlu diberikan kepada pembelajar agar ia  merasakan adanya kebutuhan  untuk memberikan respon lagi.

Intinya manusia bahkan  semua makhluk akan memberikan respon, atau cendrung mengulangi apa-apa yang membuat mereka merasa enak dan nyaman. Makanya penguatan apa-apa yang baik adalah sangat perlu sehingga  akhirnya menjadi kebiasaan.

Nah kembali ke dalam kelas, apakah teori ini sudah diterapkan. Dorongan (drive) apa yang kita harapkan muncul dari siswa sesuai dengan mata pelajaran yang kita ajarkan agar muncul nantinya respon sesuai dengan yang kita harapkan. Untuk itu apa  stimulus yang harus keita berikan dan apa pula penguatan yang kita persiapkan sesuai dengan materi dari pelajaran yang kita tangani.

Catatan:
1.      Sumber tulisan : Muhammad Alwi, Belajar Menjadi Bahagia dan Skses  Sejati, Kompas Gramedia Jakarta (Halaman 29-30)
2.      Sebagian gambar diambil dari google.

1 comment:

  1. Your Affiliate Profit Machine is ready -

    And making profit with it is as simple as 1..2..3!

    Follow the steps below to make money...

    STEP 1. Input into the system what affiliate products you intend to promote
    STEP 2. Add push button traffic (it ONLY takes 2 minutes)
    STEP 3. See how the system grow your list and sell your affiliate products on it's own!

    So, do you want to start making money???

    Check it out here

    ReplyDelete