Cara Jitu Belajar Menulis Artikel

Oleh: AnneAhira.com

Banyak orang yang mengatakan, Belajar Menulis Artikel itu sulit. Percayakah Anda dengan pernyataan itu? Kalau belum tahu teknik untuk belajar, mungkin Anda boleh setuju atau percaya dengan pernyataan itu.

Namun bila sudah tahu metode yang benar, pasti Anda akan mengatakan bila belajar menulis itu mudah, semudah ketika ingin berbicara. Karena menulis pada dasarnya adalah memindah apa yang ingin diomongkan dengan mulut ke dalam bentuk tulisan.

Jadi pada dasarnya, menulis itu adalah pekerjaan yang tidak memerlukan keahlian tertentu dalam menjalankannya. Yang terpenting adalah Anda mau belajar menulis artikel dengan tekun dan rajin berlatih.

Karena dengan tekun belajar dan giat berlatih Anda akan jadi lebih mudah menemukan ide yang bagus yang dapat menarik minat orang untuk membaca tulisan Anda. Sebab ketika mau menulis, kita jangan menunggu munculnya ide saja. Namun harus mampu mencari ide yang bisa dibuat ke dalam suatu artikel.

Semua pekerjaan, bila ingin lebih mudah dilakukan pasti perlu menggunakan teknik yang benar. Demikian pula untuk menulis. Terutama untuk penulis pemula yang masih belum punya banyak pengalaman, mengetahui teknik menulis atau belajar menulis artikel dengan benar adalah mutlak. Suatu hal yang tidak bisa ditawar-tawar lagi.


Teknik Belajar Menulis Artikel


Berikut ini ada beberapa cara bagus dan jitu untuk belajar menulis artikel.

  1. Jadikan kegiatan menulis itu sebagai suatu kebiasaan.

    Bila Anda rajin berlatih dan belajar menulis artikel, maka Anda akan merasakan bila menulis itu makin mudah dilakukan dan bisa merasakan adanya suatu kenikmatan tersendiri ketika tulisan tersebut bisa diselesaikan.
  2. Membaca dan terus membaca

    Apa gunanya membaca?. Salah satunya adalah untuk menambah pengetahuan Anda. Namun bagi yang sedang belajar menulis artikel, atau yang sudah bisa sekalipun, kegiatan membaca itu sangatlah penting. Karena Anda bisa tahu tentang ilmu penyusunan kata dan kalimat yang bagus. Selain itu dengan membaca perbendaharaan kata yang dimiliki juga semakin bertambah banyak.
  3. Setelah membaca, ceritakan pada orang lain

    Jika Anda sering melakukan hal ini, yakinlah, kemampuan Anda dalam menulis jika makin meningkat. Karena menceritakan apa yang baru saja dibaca itu sama artinya dengan Anda belajar menulis artikel juga.
  4. Sering melakukan kegiatan yang bernilai positif

    Karena hal ini akan membantu Anda agar lebih mudah mencari ide-ide baru yang segar yang dapat dipindah atau dibuat dalam bentuk artikel. Jadi ketika pikiran Anda sedang kusut karena tidak bisa mendapat ide baru, lakukan hal tersebut. Terutama kegiatan yang paling disukai.
  5. Peka terhadap suatu peristiwa

    Ketika ada suatu peristiwa, bagi orang lain mungkin itu biasa saja. Namun ketika Anda bisa menemukan sisi yang lain dari suatu peristiwa dan membuatnya ke dalam suatu artikel, dipastikan akan banyak orang tertarik membaca artikel Anda.

    Misalnya Anda melihat ada sebatang pohon yang tumbang atau sedang ditebang. Jika Anda peka pasti bisa menulis artikel yang berhubungan dengan pohon. Misalnya kasus penebangan liar, banjir akibat banyak pohon yang ditebang dan seterusnya. Begitu maksudnya.
  6. Selalu bawa buku catatan

    Tujuannya adalah, ketika sedang berada di suatu tempat kemudian Anda mendapat ide, agar tidak lupa ide tersebut perlu dicatat. Bila ada waktu yang longgar Anda tinggal mengembangkan ide tersebut. Namun sekarang bila malas membawa buku catatan, bisa menggunakan telephone genggam atau HP. Mengenai teknik atau caranya pasti Anda sudah mengetahui. Jadi tidak perlu dijelaskan.

Semoga tips-tips sederhana ini bisa Anda pelajari dan praktekan. Selamat belajar menulis artikel, semoga bisa menjadi penulis yang sukses dan terkenal. Amin.

1 comment:

  1. Semakin kita banyak membaca semakin banyak yang kita tahu jadi kita gak bingung mau nulis apa diblog kita..Nice artikel gan Thanks....

    ReplyDelete