RSS

Langkah-Langkah Menulis Cerpen

Oleh: AnneAhira.com

Setiap kali hendak melakukan sesuatu, Anda pasti membutuhkan rencana dan menyiapkan langkah-langkah tertentu. Hendak memasak, misalnya. Pertama-tama Anda harus mempunyai rencana, apa yang akan dimasak. Tanpa rencana akan memasak apa, bisa-bisa Anda hanya akan kebingungan di dapur.

Demikian juga jika Anda ingin menulis cerpen. Beberapa penulis memang bisa langsung menulis cerpen tanpa persiapan apa-apa. Biasanya penulis seperti ini sudah mempunyai jam terbang yang tinggi dan memiliki disiplin dalam menulis.

Pada penulis seperti ini, langkah-langkah menulis cerpen seolah sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari dirinya. Keluar dan mengalir begitu saja. Akan tetapi, untuk sampai pada tingkatan itu membutuhkan jam terbang dan disiplin yang tinggi dalam menulis.

Bagaimana jika Anda termasuk penulis pemula? Bagaimana jika Anda sering mengalami kesulitan untuk menulis? Adakah langkah-langkah menulis cerpen yang dapat diikuti?

Langkah-langkah Menulis Cerpen

Berminat menulis cerpen? Mari mulai menelisik langkah-langkah menulis cerpen,

  • Siapkan tema

    Anda bisa memilih tema persahabatan, percintaan, misteri, dan lain-lain. Menulis tanpa berpegang pada satu tema bisa-bisa hanya akan membuat Anda duduk kebingungan di depan komputer dan membuang waktu dengan percuma.
  • Tentukan jenis cerpen

    Cerpen seperti apa yang ingin ditulis? Cerpen horor, komedi, drama, romantis, misteri, religi, atau drama komedi? Jika sejak awal Anda sudah menentukan akan membuat cerpen komedi, misalnya, fokuslah untuk menulis cerpen yang benar-benar lucu, bukan lucu yang nanggung.
  • Tentukan segmen

    Pastikan dulu apakah Anda akan menulis cerpen anak, remaja, atau dewasa. Menulis cerpen untuk anak-anak jelas tak sama dengan menulis cerpen untuk remaja, apalagi untuk dewasa.
  • Tentukan tokoh

    Siapa yang akan menjadi tokoh utama dalam cerpen Anda? Siapkan nama-nama tokoh utama dan beri karakter untuk setiap tokoh utama.
  • Tentukan konflik

    Cerpen tanpa konflik tentu akan hambar, tak ada gregetnya. Jadi, siapkan konflik. Konflik ini bisa muncul di tengah-tengah cerita, bisa pula langsung menggebrak di awal cerita.
  • Tentukan penyelesaian (ending) cerita

    Kalau kata grup band Armada, "Mau dibawa ke mana hubungan kita...". Begitu juga dengan menulis cerpen. Mau dibawa ke mana cerpen yang akan Anda tulis? Ke akhir yang bahagia (happy ending), akhir yang menyedihkan (sad ending), atau akhir yang menggantung (hanging ending)?
  • Tentukan judul

    Jangan lupa, pilih judul yang singkat namun dapat menggambarkan isi cerpen yang ditulis. Tak masalah jika Anda menentukan judul ini belakangan atau bahkan ketika cerpen telah selesai ditulis. Tapi ingat, jangan sampai melakukan kesalahan fatal dengan tidak mencantumkan judul cerita!

Langkah-langkah menulis cerpen yang juga penting adalah menentukan majalah yang menjadi sasaran. Langkah ini perlu diambil jika Anda berencana mengirimkan cerpen ke majalah, karena setiap majalah memiliki style dan segmen pembaca yang khas.



Artikel Terkait:

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar