KISAH SEORANG ANAK LAKI-LAKI

Selamat pagi anak-anak, apa kabar kalian pagi ini? Bapak berharap kalian semua dalam kedadaan sehat dan penuh semangat untuk belajar. Pagi ini Bapak akan bercerita tentang kisah seorang anak laki-laki. Sementara Bapak bercerita nantinya kalian jawab pertanyaan ini: 1. Dimana keluarga Buyung tinggal? 2. Mengapa Buyung harus meninggalkan kampungnya? 3. Apa yang dialami Buyung pada awal perjalanannya? 4. Apa pesan orang tua di dalam hutan pada Buyung? Cerita bagian pertama Zaman dahulu, ketika Mandau masih desa kecil dan dikelilingi hutan tinggallah satu keluarga dengan seorang anak lelaki bernama Buyung. Mereka tinggal pada sebuah rumah sederhana.
Sehari-hari kerja Buyung hanya bermain-main di pinggir hutan dan sungai, karena sekolah tidak ada di desa itu.
Sebenarnya Buyung sudah bosan juga bermain sepanjang hari dan teman yang sebaya dengannya untuk bermain juga tidak ada.

Pada suatu hari, ayahnya berkata padanya: “Yung, demi masa depanmu kamu harus pergi meninggalkan desa ini. Karena di desa ini kehidupan kamu hanya akan begini-begini saja tanpa ada tantangan. Di luar sana banyak pengetahuan dan keterampilan yang dapat kamu pelajari untuk masa depanmu. Kamu akan menemui tantangan yang akan membentuk kepribadian kamu nantinya.
Oleh karena itu, walaupun Bapak sedih berpisah dengan kamu, Bapak menganjurkan kamu untuk pergi mengharungi hidup di luar sana.”
Buyung setuju dengan saran Bapaknya itu

Pada hari yang telah di tetapkan, dengan lambayan tangan perpisahan dari Bapak yang disayanginya, buyung pergi meninggalkan kampong yang dicintainya.

No comments:

Post a Comment