Langkah-Langkah Menulis Artikel Semudah Mengarang Bebas

Oleh: AnneAhira.com

Anda adalah seorang pelajar atau mahasiswa yang mendapat tugas untuk menulis artikel, sedangkan Anda tidak mampu untuk membuatnya. Atau Anda adalah seorang pekerja yang tugasnya membuat artikel sehari-hari walaupun Anda belum terbiasa? Jangan panik, seseorang yang tidak pandai menulis pun mampu untuk membuat artikel sebaik orang yang sudah berpengalaman. Mungkin langkah-langkah menulis artikel berikut dapat membantu Anda memecahkan persoalannya.


Tips Menulis Artikel

  1. Anda sebaiknya harus rajin membaca buku, baik majalah, Koran, ataupun berita di internet. Sekalipun Anda tidak gemar membaca, ada kalanya Anda juga harus menyimak berita di televisi. Tidak mungkin berita dapat tersaji kalau Anda sendiri tidak tau berita apa yang ingin disampaikan.
  2. Melihat keyword. Dalam menulis Artikel pastilah ada sebuah keyword atau kata kunci atau topik yang akan diangkat, sebaiknya Anda fokus dengan keyword yang ada, usahakan jangan keluar dari topik yang sedang Anda tulis.
    Misalnya, keyword yang ditulis mengenai penghijauan maka Anda harus fokus menulis tentang penghijauan, apa itu penghijauan, tahap-tahap penghijauan, akibat penghijauan, jangan sampai tulisan yang Anda buat melebar sampai abrasi pantai misalnya.
  3. Sesuaikan judul dengan keyword dengan judul yang Anda tulis. Misalnya Anda ingin membuat keyword tentang Angin topan. Maka sesuaikan judulnya seperti yang Anda tulis. Misalnya, Dampak Kerusakan Angin Topan
  4. Perhatikan tanda baca dan kesalahan tulisan sebelum Anda memposting tulisan. Membaca tulisan yang memiliki banyak kesalahan dalam ketikan akan melelahkan mata, dan membuat otak berfikir jadi dua kali.
  5. Jika tulisan Anda beralinea panjang, sebaiknya dibatasi, jangan terus disambung. Selain membuat mata lelah, tulisan Anda jadi tidak terlihat menarik. Jangan lupa beri bold (huruf tebal) atau (garis miring) underline, jika tulisan mempunyai istilah tertentu.
  6. Memberi gambar cukup membantu pembaca untuk memahami jenis tulisan yang Anda buat. Gambar jangan terlalu besar, sedang-sedang saja yang penting dapat di sisipkan pada tulisan yang Anda buat. Gambar juga dapat memberikan nuansa yang berbeda untuk tulisan.
  7. Kalau Anda mengutip jangan lupa sertakan catatan kaki dibawahnya. Jangan mengutip naskah secara utuh, karena selain Anda dinilai tidak kreatif, Anda akan dituduh plagiat oleh banyak orang.
  8. Isi artikel. Bahasa yang Anda gunakan sebaiknya Adalah bahasa baku. Untuk itulah gunanya membaca, selain memperkaya khasanah kosakata Anda, ilmu pun akan Anda dapat didalamnya.
    Selain itu artikel yang Anda buat haruslah informatif, agar pembaca selain nyaman dengan tulisan yang Anda sajikan. Tulisan Anda akan selalu dipercaya, hingga jikapun pembaca butuh informasi lagi, pastilah pembaca akan mencari tulisan Anda.
  9. Lihat ratting pembaca. Jika penilaian baik, maka Anda perlu belajar kembali pada tulisan yang Anda buat. Apa yang baik dari tulisan tersebut, maka ikutilah. Namun jika respon pembaca kurang baik, segeralah perbaiki dan mintalah pendapat orang banyak mengenai tulisan Anda tersebut. Jika sudah dikritik jangan jemu untuk mengubah tulisan Anda.
  10. Sebaiknya Anda punya gaya tulisan sendiri, sebab itu akan mencirikan pribadi Anda yang sesungguhnya.
  11. Jangan pernah minder dengan tulisan yang Anda buat. Anda harus pede. Jika kritikan orang lain membangun seraplah, namun jika jelek buang saja.

Apakah ketika melihat langkah-langkah menulis artikel diatas Anda sudah mempunyai sedikit wacana tentang membuat artikel? Mudah bukan? Sesuatu itu akan terasa mudah jika kita mau mencobanya, semoga tips menulis artikel diatas bermanfaat untuk Anda. Selamat menulis.

No comments:

Post a Comment