RSS

Syarat Makalah Penulisan Karya Ilmiah

Oleh: AnneAhira.com

Dalam lingkup perguruan tinggi, makalah penulisan karya ilmiah sering dibicarakan. Baik dalam kehidupan perkuliahan non formal maupun dibicarakan dalam forum-forum ilmiah seperti seminar atau pelatihan. Memang, makalah penulisan karya ilmiah sangat penting bagi mahasiswa maupun dosen.

Dalam berbagai kesempatan, makalah penulisan karya ilmiah juga menjadi isu yang tak kalah sering mendapatkan sorotan, terutama di ruang lingkup penelitian. Makalah penulisan karya ilmah sering menjadi bahasan mereka yang berkecimpung dalam dunia penelitian.

Anda, mungkin juga termasuk orang yang juga serius menyoroti makalah penulisan karya ilmiah. Apalagi di era internet, terutama sosial media sekarang ini, dimana beragam hal yang berbau ilmiah sering dijauhi, banyak orang yang cenderung menyukai penulisan populer.

Hal ini memang menjadi kenyataan yang tak bisa dihindarkan. Makalah penulisan karya ilmiah dianggap cenderung kaku, susah dipahami dan sering menyulitkan pembaca dalam mencernanya. Padahal tidak seharusnya terjadi anggapan demikian.

Syarat Penulisan Karya Ilmiah

Makalah penulisan karya ilmiah sebenarnya punya banyak sekali persyaratan.. Namun, setidaknya beragam syarat tersebut bisa dirangkum dalam 3 syarat. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Tidah harus kaku

Walaupun penulisan makalah karya ilmiah, namun dalam kepenulisan tidak mesti kaku. Artinya, tidak terlalu menggunakan bahasa yang terlalu serius, apalagi banyak istilah-istilah sulit yang hanya bisa dipahami oleh penulisnya.

Justru, dalam kepenulisan perlu luwes, menggunakan bahasa yang mengalir seperti orang bicara, sehingga memudahkan pembaca untuk memahaminya. Dengan demikian secara langsung maupun tidak langsung Anda telah membedah mitos bahwa penulisan karya ilmiah itu tulisan yang membosankan.

2. Menggunakan kaidah EYD

Walaupun begitu, dalam kepenulisan makalah karya ilmiah, tetap perlu menggunakan kaidah Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) yaitu kaidah-kaidah kepenulisan standar dalam kepenulisan berbahasa Indonesia.

3. Ada data dan analisis

Terakhir, ini yang paling penting. Dalam makalah penulisan karya ilmiah mesti harus ada data, baik data survei, penelitian maupun referensi pemikiran tokoh-tokoh tertentu yang sesuai dengan tema yang sedang ditulis. Ditambah dengan analisis dari pemikiran Anda sendiri.

Inilah beberapa syarat makalah penulisan karya ilmiah. Semoga bermanfaat bagi Anda semua.

Artikel Terkait:

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar