Penulisan Daftar Pustaka dari Internet yang Gampang

Oleh: AnneAhira.com

Daftar pustaka merupakan salah satu unsur yang penting dalam sebuah karya, baik dalam sebuah karya tulis maupun sebuah buku. Mengapa? Sebab, dengan adanya daftar pustaka tersebut, pembaca dapat memperdalam pembahasan yang dirasa kurang dalam sebuah karya tersebut.

Penulisan daftar pustaka sendiri bisa melalu dua sumber, yakni penulisan dengan mempergunakan buku bacaan sebagai sumber referensi dan penulisan dengan mempergunakan internet sebagai sumber acuan. Dan di artikel kali ini, akan mencoba memberikan tips-tips penulisan daftar pustaka dari internet.

Pada dasarnya, penulisan daftar pustaka untuk semua sumber adalah sama. Walaupun demikian, ternyata ada beberapa hal yang berbeda, yang pastinya akan memperngaruhi penulisan daftar pustaka tersebut. Sebab, dari internet, kita dapat mengambil informasi yang berasal dari sebuah website, blog, forum dan sebagainya. Oleh karena itulah, perlu adanya pembahasan perihal penulisan daftar pustaka dari internet.

Dan berikut ini adalah penulisan daftar pustaka yang berasal dari internet tersebut.

Internet: Karya Individu (Individual)

Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa dari internet kita bisa mendapatkan banyak sumber, dan salah satunya adalah karya-karya yang sifatnya individu alias yang ditulis oleh seseorang.

Contoh, nama penulis: Scarlet Dedek, judul karya: Penulisan Daftar Pustaka yang Benar, tahun: 2010, dengan link: http://penulisandaftarpustakayangbenar.anneahira.com.html dan tanggal pengaksesan: 19 Desember 2010.

Maka, penulisan daftar pustaka yang tepat adalah hampir sama seperti cara biasa, yaitu Dedek, Scarlet. 2010. Penulisan Daftar Pustaka yang Benar, (Online), (http://penulisandaftarpustakayangbenar.anneahira.com.html, diakses pada tanggal 19 Desember 2010).

Internet: Artikel Online

Contoh, nama penulis: Dedek Sinabutar, judul artikel: Membuat Status Update yang Menarik, alamat website artikel: Anneahira.com, tahun: 2010 dengan link: http://membuatstatusupdateyangmenarik.anneahira.com.html, diakses pada tanggal 20 Desember 2010.

Maka penulisan daftar pustaka yang tepat adalah, Sinabutar, Dedek. 2010. Membuat Status Update yang Menarik. Anneahira.com. (Online), (http://anneahira.com, diakses 20 Desember 2010).

Internet: Forum Diskusi Online

Contoh, penulis: Maringan Tua, tanggal penulisan forum diskusi: 10 Desember 2010, judul forum: Penulisan Kerangka Karangan yang Baik dan Benar, nama situs forum: Menulis Yuk.com, dengan link: http://penulisankerangkakaranganyangbaikdanbenar/forum/anneahira.com.html diakses pada tanggal: 15 Desember 2010.

Maka penulisan daftar pustaka adalah, Tua, Maringan. 10 Desember 2010. Penulisan Kerangka Karangan yang Baik dan Benar. Forum Diskusi Menulis Yuk, (Online), (http://penulisankerangkakaranganyangbaikdanbenar/forum/anneahira.com.html, diakses 15 Desember 2010).

Internet: Electronic Mail (e-mail) Pribadi

Contoh, pemilik e-mail: Dedek Uchiha, nama e-mail: Scarletdpirate@yahoo.co.id, tanggal: 7 Maret 2010, subject e-mail: Aku Cinta Kamu, Dian, e-mail kepada: Dian Novita Ayu Anggraini, nama e-mail: akulupaemailkamu@yahoo.com.

Maka penulisan daftar pustaka yang tepat adalah, Uchiha, Dedek. (Scarletdpirate@yahoo.com). 7 Maret 2010. Aku Cinta Kamu. E-mail kepada Dian Novita Ayu Anggraini (akulupaemailkamu@yahoo.com).

Nah, bagaimana para pembaca, dengan contoh-contoh di atas kini Anda telah mampu membuat penulisan daftar pustaka dari internet, bukan?

No comments:

Post a Comment