Teknik Penulisan Laporan Penelitian

Oleh: AnneAhira.com

Teknik penulisan laporan penelitian harus sesuai dengan sistematika penyusunan karangan ilmiah. Secara umum, berdasarkan sistematika penulisan laporan atau karangan ilmiah yang berlaku sebuah laporan ilmiah harus mencakup tiga bab atau bagian penting yaitu: bagian pendahuluan, bagian isi dan penutup.

Bagian Pendahuluan

Dalam teknik penulisan laporan penelitian, bagian pendahuluan ini memiliki peranan penting untuk mengetahui beberapa hal yang mendasar terkait dengan penelitian yang telah dilakukan. Oleh karena itu, bagian pendahuluan ini harus mencakup beberapa hal yang wajib ada dalam sebuah laporan penelitian diantaranya yaitu:

  1. Latar belakang masalah

    Dalam latar belakang masalah biasanya dijelaskan mengenai pentingnya masalah yang akan diteliti serta alasan mengapa masalah tersebut diangkat sebagai tema penelitian. Latar belakang ini biasanya didasarkan pada fakta dan atau data yang diperoleh dari hasil penelitian sebelumnya. Baik oleh peneliti yang sama atau pun peneliti lain yang berkaitan dengan tema tersebut.
  2. Rumusan masalah

    Rumusan masalah biasanya disampaikan dalam bentuk kalimat pertanyaan yang jawabannya dicari melalui penelitian tersebut.
  3. Tujuan penelitian

    Berisi tentang paparan tujuan yang ingin dicapai oleh peneliti dari penelitian tersebut. Tujuan dirumuskan berdasarkan rumusan masalah yang telah disusun terlebih dahulu.
  4. Manfaat penulisan

    Berisi tentang manfaat yang bisa diperoleh dari penelitian yang dilakukan dan penyusunan laporan baik bagi peneliti maupun pihak lain yang terkait.
  5. Metode penelitian

    Metode penelitian ini berisi tentang tata cara yang digunakan oleh peneliti dalam melaksanakan penelitian. Metode penelitian ini mencakup tentang: tempat dan waktu penelitian, pelaksana penelitian, peralatan yang digunakan dan tata cara/prosedur pelaksanaan penelitian.

Bagian Isi

Dalam bagian isi inilah hasil penelitian dibahas sesuai dengan rumusan masalah dan tujuan penelitian di awal. Dalam bagian isi inilah penulis menyampaikan pendapatnya mengenai permasalahan yang diangkat berdasarkan data yang ia peroleh di lapangan selama penelitian. Untuk memperkuat argumen, sebaiknya penulis perlu menggunakan rujukan dari berbagai sumber. Baik sumber tertulis maupun sumber lain yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Bagian Penutup

Teknik penulisan laporan penelitian menuntun para peneliti untuk menyampaikan laporan hasil penelitiannya secara runtut. Biasanya di akhir sebuah laporan penelitian di tutup dengan bab penutup. Bab penutup ini, biasanya berisi tentang kesimpulan dan saran.

Kesimpulan diambil dan ditulis berdasarkan bagian isi. Sementara saran biasanya bersifat optional. Boleh dimasukkan, boleh tidak. Namun jika dianggap perlu saran dapat ditulisakan setelah kesimpulan. Saran ini biasanya disampaikan atau ditujukan kepada pihak yang terkait dengan penerapan hasil penelitian tersebut nantinya di lapangan.

No comments:

Post a Comment