KARYA TULIS ILMIAH NONPENELITIAN BUKU AJAR (PART I)

Para pengunjung  setia Menulis Bersama Aswir, masih dalam lebel
 Publikasi Ilmiah. Jenis Publikasi ilmiah antara lain adalah karya tulis ilmiah
Dan karya tulis non ilmiah
Daam kesempatan ini kita akan membahas karya tulis non ilmiah.
Salah satu karya tulis non ilmiah adalah BUKU AJAR
Karena materi  BUKU AJAR cukup panjang maka akan dibagi menjadi 5 Bahagian (Part)
Nah inilah bagian pertama.

Buku ajar adalah buku yang digunakan dalam proses kegiatan belajar. Buku ajar dikenal pula dengan sebutan buku teks, buku materi, buku paket, atau buku panduan belajar. Menilik isi dan luasnya buku teks sama saja dengan buku ajar. Jadi buku ajar yang dimaksudkan identik dengan buku teks, buku paket, buku materi atau buku panduan belajar.
Buku ajar yang diterbitkan oleh pemerintah dalarn hal ini Kementerian Pendidikan Nasional dan Kementerian Agama (dulu Dinas Pendidikan Nasional dan Departemen Agama) di­sebarIuaskan ke semua sekolah di tanah air sebagai buku pegangan wajib serta tidak diperdagangkan. Jadi, dalam menerangkan apa yang dimaksud dengan buku ajar, penulis mendasarkan diri pada teori-teori yang berhubungan dengan buku teks.
Dalam perkembangannya buku ajar tidak lagi diterbitkan

oleh pemerintah, melainkan oleh pihak swasta. Dalam kaitan ini, pemerintah hanya diberi wewenang untuk pengadaan buku ajar, bukan untuk pengadaannya. Selanjutnya pemerintah menetapkan standar tertentu yang harus dipenuhi oleh setiap penerbitan buku yang akan digunakan oleh satuan pendidikan. Dalam hal ini standar tersebut ditetapkan dan dikeluarkan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

Buku ajar disusun dengan alur dan logika sesuai dengan rencana pembelajaran. Buku ajar disusun sesuai kebutuhan belajar siswa atau mahasiswa. Buku ajar disusun untuk men­capai tujuan pembelajaran atau kompetensi tertentu. Penulisan buku ajar harus mengacu kepada kurikulum dan harus tercermin adanya bahan yang tingkat kedalaman dan keluasannya ber­beda antara kelas X dengan kelas XI. Bahan di kelas XI relatif lebih luas, lebih dalam dari bahan yang diberikan di kelas X, bukan sebaliknya. Buku ajar disusun sesuai dengan kebutuhan pelajar.


No comments:

Post a Comment