KARYA TULIS ILMIAH NONPENELITIAN BUKU AJAR (PART II)

FUNGSI BUKU AJAR
                      Adapun fungsi  buku ajar adalah :
1.      Mencerminkan suatu sudut pandang yang tangguh dan modern mengenai pengajaran serta mendemon­trasikan aplikasi dalam bahan pengajaran yang di­sajikan.
2.      Menyajikan suatu sumber pokok masalah atau subject matter yang kaya, mudah dibaca dan bervariasi, yang sesuai dengan minat dan kebutuhan para siswa, se­bagai dasar bagi program-program kegiatan yang disarankan di mana keterampilan-keterampilan eks­presional diperoleh pada kondisi yang menyerupai ke­hidupan yang sebenarnya.
3.      Menyediakan suatu sumber yang tersusun rapi dan bertahap mengenai keterampilan-keterampilan eks­presional.
4.      Menyajikan (bersama-sama dengan buku manual yang mendampinginya) metode-metode dan sarana-sarana pengajaran untuk memotivasi siswa.
5.      Menyajikan fiksasi awal yang perlu sekaligus juga sebagai penunjang bagi latihan dan tugas praktis.
6.      Menyajikan bahan atau sarana evaluasi dan remedial yang serasi dan tepat guna.

Buku ajar harus mempunyai sudut pandang yang jelas, ter­utama mengenai prinsip-prinsip yang digunakan, pendekatan, metode serta teknik-teknik pengajaran yang digunakan. Buku Ajar sebagai pengisi bahan haruslah menyajikan sumber bahan yang baik. Susunannya teratur, sistematis, bervariasi, dan kaya akan informasi. Di samping itu harus mempunyai daya tarik kuat karena akan mempengaruhi minat siswa terhadap buku tersebut. Oleh karena itu, buku ajar hendaknya menantang, merangsang, dan menunjang aktivitas dan kreativitas siswa.
Tidak kalah pentingnya, buku ajar harus berfungsi sebagai penarik minat dan motivasi peserta didik dan pembacanya. Motivasi pembaca bisa timbul karena bahasa yang sederhana, mengalir, dan mudah dipahami. Motivasi bisa timbul karena banyak gagasan dan ide-ide baru. Motivasi bisa timbul, karena buku ajar tersebut mengandung berbagai informasi yang relevan dengan kebutuhan belajar peserta didik dan pembaca.


No comments:

Post a Comment