10 HAL YANG SEHARUSNYA DIHAPUS DARI HALAMAN FACE BOOK KITA


Tidak bisa dipungkiri lagi Facebook saat sekarang ini sudah merupakan bagian penting dalam kehidupan. Banyak manfaat yang bisa dipetik dari penggunaan FB, seperti menjalin pertemanan, promosi bisnis dan lain-lain sebagainya, namun yang paling penting nampaknya banyak juga diguanakan sebagai aktualisasi diri bagi penggunaya.


Meskipun banyak manfaatnya, namun pengguna harus juga memperhatikan beberapa hal yang memmungkinkan terjadi sesuatu yang merugikan. Cambridge Analytica scandal seperti yang dilansir oleh Viralnova.com mengatakan 87 juta data pengguna FB bisa saja dimanfaatkan oleh mereka yang tidak bertanggung jawab.
Oleh karena itu, jika masih ingin menggunakan FB sebaiknya menghapus beberapa hal  berikut ini dari halaman FB kita:
m/index.php 

1.      Tanggal Lahir


Memiliki akses ke hari ulang tahun tahun kita, mempermudah penipu untuk mendapatkan akses ke informasi pribadi kita dan bahkan informasi tentang  rekening bank kita.

2.      Nomor HP

Ingin dapat tambahan uang dengan modal hanya 25 ribu rupiah, bisa menghasilkan Rp.800 Juta,- Dari Bisnis Iklan ?
Silahkan klik :
https://muslimpromo.com/?ref=8099
Apakah kita mau  semua teman Facebook kita (atau orang yang melihat profil kita) untuk memiliki nomor telepon kita? Jika tidak, maka lepaskan!

3.      Foto bayi atau nak kecil anda


"Jenis informasi apa yang ingin anak-anak lihat tentang diri mereka secara online di kemudian hari?" tanya Victoria Nash, direktur pelaksana Oxford Internet Institute. Dan dia ada benarnya. Anak-anak mungkin tidak ingin foto mereka disemprotkan ke berbagai halaman media sosial.

4.      Di mana sekolah putra/putri anda


Menurut sebuah laporan oleh NSPCC, jumlah pelanggaran seksual yang tercatat telah meningkat tajam selama setahun terakhir atau lebih.

"Polisi mencatat 36.429 pelanggaran seksual terhadap anak-anak di Inggris pada tahun 2013/2014," kata laporan itu. "Di Inggris, Wales, Skotlandia, dan Irlandia Utara, polisi mencatat jumlah pelanggaran seksual tertinggi terhadap anak-anak dalam dekade terakhir."

Sederhananya, jangan mempermudah pelanggar seks atau penculik potensial untuk menemukan anak-anak
kita.
5.      Lokasi kerja


Pada 2015, TechCrunch melaporkan bahwa lebih dari 500 juta orang menggunakan Facebook hanya dari ponsel mereka. Nomor yang sama berpotensi menyiarkan lokasinya ke web, yang berarti siapa pun - termasuk mereka yang menimbulkan ancaman - dapat mengetahu i di mana kita berada.

6.      Boss anda


Tergantung pada pengaturan privasi kita, apakah kita mau bos kita dapat melihat semua yang telah kita tulis di timeline kita - termasuk saat-saat kita menjelek-jelekkan atau curhat negative tentang  lingkungan  pekerjaan kita.

7.      Lokasi di mana anda sedang berada


Orang yang tahu pasti di mana kita berada tidak selalu menjadi ide terbaik. Dan jika kita  menandai lokasi kita di rumah, pada dasarnya kita memberikan alamat kita. Dan ini bisa jadi bisa dimanfaatkan oleh orang yang berniat menipu
8.      Kapan dan di mana anda berlibur


Ini bisa menjadi semacam undangan untuk pencuri. Menurut This Is Money, para pelancong yang memiliki harta benda mereka dicuri saat berlibur tidak memiliki klaim asuransi yang diterima jika mereka memposting rencana liburan mereka di halaman media sosial mereka.

9.      Data tentang kartu kredit anda


Ini cukup jelas, tetapi kita tidak ingin berbagi informasi keuangan di media sosial.

10.  Foto dari bording Pass


Barcode pada boarding pass kita berpotensi digunakan untuk menemukan informasi pribadi yang kita berikan kepada perusahaan penerbangan.

 Saran terbaik untuk diikuti adalah menjaga informasi pribadi untuk diri kita sendiri. Apa yang tidak kita ingin khalayak ramai tahu tentang kita, jangan juga dibuka secara online.



No comments:

Post a Comment