Meningkatkan kemampuan memahami reading text


MENINGKATKAN   KEMAMPUAN  DALAM  MEMAHAMI READING TEXT
MELALUI PENERAPAN GENRE BASED APPROACH
SISWA KELAS X DI SMA N 1 SIAK
Oleh: Leli Satini, S.Pd
SMA N 1 SIAK
                                                                 BAB 1
                                                        PENDAHULUAN
A.    Latar  Belakang
                      Menurut pendapat Tampubolon (1993) menjelaskan pada hakekatnya membaca adalah kegiatan fisik dan mental untuk menemukan makna dari tulisan, walaupun dalam kegiatan itu terjadi proses pengenalan huruf-huruf. Dan menerut pendapat Smith (Ginting,2005) bahwa membaca merupakan suatu proses membangun pemahaman dari teks yang tertulis.
                    Adapun beberapa hal pentingnya membaca yaitu dapat membuka wawasan baru, memberikan pencerahan baru pada pemikiran siswa. Mencerdaskan intelektual, spiritual, emosional dan kepercayaan diri yang berpadu dengan kerendahan hati. Membaca juga dapat membentuk   kemampuan siswa dalam berfikir lewat proses, menangkap gagasan / informasi, memahami, mengimajinasikan, menerapkan dan mengekspresikan.
            Adapun harapannya di dalam mempelajari reading text ini siswa harus mampu memahami berbagai makna (interpersonal, ideasional, tekstual dalam berbagai teks tulis interaksional dan monolog terutama yang berbentuk news item text.
            Sementara dalam proses belajar mengajar kemampuan siswa masih sangat rendah dalam memahami reading text tersebut.Hal ini di tandai dengan adanya sebagian siswa yang tidak mencapai nilai kkm pada saat ulangan harian atau mendapat program remedial.
                   Adapun penyebab rendahnya kemampuan siswa dalam memahami reading text tersebut kemungkinan di antaranya kegiatan pembelajaran menonton atau kosa kata siswa yang terbatas atau kemungkinan kurangnya motivasi siswa atau bisa juga di sebabkan kurangnya strategy guru dalam pengajaran reading.
                 Sebagai seorang guru penulis merasa terpanggil untuk memecahkan masalah-masalah yang di hadapi dalam proses belajar – mengajar termasuk juga rendahnya kemampuan siswa dalam memahami reading text dan penulis merasa menemukan alternative pemecahannya yaitu melalui penerapan genre based approach namun peningkatan kemampuan siswa dalam memahami reading text belum teruji secara ilmiah oleh karena alas an inilah penulis membuat penelitian dengan judul MENINGKATKAN KEMAMPUAN DALAM MEMAHAMI READING TEXT MELALUI PENERAPAN GENRE BASED APPROACH SISWA KELAS X DI SMA N 1 SIAK.
B.     Identifikasi Masalah
Identifikasi dalam penelitian ini adalah:
1.      Kegiatan pembelajaran menonton
2.      Kosa kata siswa terbatas
3.      Kurang motivasi siswa
4.      Kurangnya strategy guru dalam pengajaran reading
C.    Pembatasan Masalah
Berdasarkan identifikasi masalah di atas pembatasan penelitian ini hanya di batasi pada meningkatkan kemampuan siswa dalam reading text melalui penerapan genre based approach.
D.    Rumusan Masalah
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:
1.      Apakah melalui penerapan genre based approach dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas x dalam memahami reading text.
E.     Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah:
1.      Untuk mendapatkan informasi seberapa jauh meningkat.
F.     Manfaat Penelitian
Adapun manfaat penelitian ini adalah untuk meningkatkan belajar siswa.

                                                  BAB II
                                       KAJIAN PUSTAKA
A. Kajian teoritik
B. Penelitian yang relevan
C. Kerangka berpikir
                                                 BAB 111
                           METODOLOGI PENELITIAN
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas atau pencapaian belajar siswa.Adapun metodologi penelitiannya adalah:
A.    Setting Penelitian
1.      Tempat
             Penelitian ini diadakan di SMA N 1 SIAK kelas x di ambil kelas ini karena penulis mengajar di kelas ini, di samping itu juga kemampuan siswa dalam memahami reading text sangat lemah sekali khususnya dalam genre news item.Oleh karena itu penulis ingin meneliti bagaimana kemampuan siswa dalam memahami reading text tersebut.
2.      Waktu
       Penelitian ini di perkirakan akan di lakukan pada pertengahan bulan januari 2013, yaitu pada ajaran tahun 2012-2013.
3.      Subject
       Adapun subject penelitian ini adalah siswa kelas x yang berjumlah 35 siswa, 15 laki-laki dan 20 perempuan.
B.     Prosedure Penelitian
           Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus.
1.      Siklus Pertama
     Yaitu: Mencari materi, merancang RPP,memberikan pre-test boleh jika ada ataupun tidak ada. Memberikan tindakan atau perlakuan, kemudian mengadakan  pengujian.   
2.      Siklus Kedua
      Yaitu: Menganalisa hasil, refleksi dan memberikan tindakan.
3.      Siklus Ketiga
      Yaitu: Menganalisa hasil dan refleksi
C.    Instrumen Penelitian
            Instrumen penelitian ini berupa test tertulis, ini untuk menguji kemampuan  
D.    Analisis Data
            Keberhasilan penelitian ini di tentukan oleh meningkatnya hasil belajar siswa dan respon yang baik dari siswa oleh karena itu di gunakan test tertulis untuk mengukur hasil belajar siswa tersebut. Setiap siklus analisa data dilakukan dengan melihat peningkatan hasil dari siklus 1,2 dan 3, yang di jelaskan berupa angka dan deskripsi kemajuan.
    

No comments:

Post a Comment