MENYUSURI RUTE PARIAMAN, TIKU, LUBUK BASUNG DAN MANINJAU DI AKHBIR TAHUN 2012


Setelah cukup rasanya menikmati keindahan pantai Gondoriah Pariaman, sehabis zuhur kami mulai lagi perjalanan. Setelah bertanya kepada beberapa orang kami sampai ke jalan menuju Tiku.  Mulai lah perjalanan kami menyusuri jalan yang dahulunya ketika remaja saya menyusuri jalan ini berjalan kaki  dengan arah yang berlawanan dari Maninjau, Lubuk Basung, Tiku dan Pariaman.
Saya membawa mobil dengan santai saja tidak terburu-buru. Saya inginmenikati perjalanan yang sebenarnya napak tilas petualangan  saya ketika remaja kelas 1 SMA berjalan kaki keliling Sumbar. Pekerjaan gila-gilaan yang kalau dipikir-pikir sekarang ini tidak masuk akal. Tapi itulah romantika masa remaja yang penuh khayalan dan mencari jati diri.
Kami menyusuri jalan aspal yang cukup mulus. Kiri kanan sawah membuat pemandangan nampak semakin indah. Di beberapa tempat kami berhenti untuk mengambil foto-foto pemandangan alam yang memukau.

Tak berapa lama kami sampai di Tiku. Saya mencari di mana kira-kira pantai  tempat kami berkemah puluhan tahun yang lalu. Tanjung Mutiara saya, ingat betul tempat itu. Dpantai itulah kami berkemah, bersenang-senang stelah berjalan kaki selama 2 hari dari Maninjau  dan Lubuk Basung. Waktu itu kami berempat betul-betul menikamati pantai. Maklum di daerah kami tidak ada laut, yang ada hanya sungai Kampar kebanggaan kami.

Nampaknya pantai Tiku tidak banyak perubahan. Dari Tiku kami terus mengemudi dengan santai terus ke arah Lubuk Basung.
Lubuk basung ini benar-benar sudah berubah. Sekitar 5 tahun yang lalu saya pernah juga lewat di sini. Tapi keadaannya benar-benar beda. Menjelang memasuki kota jalan sudah dua jalur. Jalan dua jalur ini cukup panjang hingga sampai pula keluar kota. Parit di Pinggir jalan atau oleh orang setempat di sebut banda tidak ada lagi. Dulu ciri khas Lubuk Basung adalah Parit  yang lebar sekitar  dua meter itu yang mengalir sepanjang jalan dan dimanfaatkan oleh penduduk untuk mencuci dan  beternak ikan.

Sekarang pemandangan itu tidak nampak lagi, Lubuk Basung sudah berubah menjadi kota kabupaten dengan perkantorannya yang megah dan nampak masih  baru. Saya juga tidak berhasil menemukan Rumah Lasuang yang pernah kami numpang tidur dalam petualangan  masa remaja  setelah berjalan kaki dari Maninjau. 
Perjalanan diteruskan, xenia yang saya kemudikan meluncur dengan tenang menuju Maninjau. Menyusuri jalan aspal yang mulus, melewati persawahan, bukit-bukit yang mengapit kiri kanan jalan.
Mendekati Maninjau, desa Muko-muko yang dahulunya ditandai dengan rumah makan yang menjorok ke danau,  sekarang tidak kelihatan lagi. Yang nampak adalah water boom yang penuh dengan pengunjung.


Danau Maninjau sudah di depan mata. Diantarai oleh bentangan sawah yang luas, danau maninjau nampak dengan warna yang agak  kebiruan. Di pinggir danau kelihatan kerambah-kerambah  milik penduduk yang memelihara ikan.


Mendekati pusat kota Maninjau, jalan aspal yang dilalui diapit oleh rumah-rumah penduduk kiri dan kanan. Jarak rumah dan jalan sangat dekat sekali. Sehingga kalau kenderaan roda empat berhenti, maka akan terjadi kemacetan, karena menghalangi mobil yang banyak lalu lalang di jalan. Dengan demikian kami memutuskan tidak dapat melihat-lihat penganan yang dijual dipinggir jalan. Padahal saya ingin melihat penganan khas Maninjau.
Akhirnya kami sampai di persimpangan, ke kiri kelok ampek puluah ampek, terus ke Sungai Batang kampungnya Buya Hamka, belok kanan ke tempat peristirahan Maninjau Indah. Kami belok kanan ke Maninjau Indah

Waktu saya kuliah di IKIP Padang dulu, saya pernah berlibur di Maninjau Indah ini. Saya masih terkesan  di sebuah kantin saya duduk-duduk menikmati secangkir kopi sambil ngantuk-ngantuk mendengarkan lagu Edy Fergrina dari kaset. Lagu yang membuat saya terlena, Memory of our dreams, Since You’ve been gone, what am I living for, dll.
Saya ingin duduk-duduk lagi di Kantin yang sama menikmati lagi setidaknya secangkir kopi pula. Sayang, rupanya Maninjau Indah tidak ada lagi, atau mungkin tidak buka hari itu, sedangkan plang namanya. Sayang, tidak bisa mengulangi nostalgia lama. 

No comments:

Post a Comment