SEJARAH

Dalam suatu diskusi yang informal, seorang teman pernah mengeluhkan bahwa pelajaran disekolah kita sekarang ini sudah terlalu banyak, dan menurutnya harus dikurangi. Salah satu  yang pelajaran yang tidak perlu itu adalah sejarah.
Memang banyak para kalangan yang menganggap pelajaran sejarah itu tidak penting, karena bayak yang menganggap sejarah  hanya kumpulan cerita, tanpa mendalami makna yang terkandung dalam pelajaran sejarah.
Kalau menurut guru sejarah, manfaat belajar sejarah salah satunya agar kita menghargai jasa pahlawan. Benar juga, kalau para koruptor belajar sejarah dan mengetahui bagai mana generasi 45 yang ikut (Dari data lebih banyak yang tidak ikut dari yang ikut) merebut kemerdekaan ini mempertaruhkan nyawa agar kita bisa hidup makmur seperti sekarang ini, tentu mereka akan berpikir-pikir untuk merampok negara ini hanya untuk  kesenangan pribadi.
Disamping itu dengan belajar sejarah kita bisa juga mengingatkan bangsa-bangsa yang karena kesalahan masalalu mereka terjadi lah bencana saat sekarang ini. Contohnya rakyat kerajaan Inggris. Mereka itu kalau ketemu dengan kita-kita Asia ini asik betul mengajarkan tentang hak azazi manusia dan nilai-nilai kemanusiaan. Seolah mereka bangsa yang jauh lebih bersih dan beradab dari kita.
Faktanya dari sejarah, banyak penderitaan sekarang ini pangkal balanya adalah orang Inggris. Setiap hari kita mengikuti berita bagaimana bangsa palestina dibantai oleh mesin-mesin perang Israil. Siapa yang harus bertanggungjawab? Jawabnya adalah Inggris, karena merekalah memfasilitasi berdirinya negara Israil sekarang ini. Enak saja dia memfasilitasi berdiri negara di daerah orang lain. Memang pada awalnya Palestina itu dibagi dua. Setengah untuk orang yahudi setengah untuk orang Arab. Tapi dari awal ia sudah mempersenjatai orang Yahudi. Sedangkan orang Arab selalu di razia senjata-senjata mereka. Dan berikutnya ia membiarkan Yahudi yang bersenjata ini mengusir orang Palestina tanpa dibolehkan membawa harta mereka. Maka kalau kita belajar sejarah tidak berlebihan kalau mengatakan Israil adalah negara perampok dan teroris.
Sekarang dengan terjadi pembantaian  ini mereka bungkam seperti orang yang tidak bersalah saja. dan di depan kita mereka berlagak seolah-olah mereka jauh lebih beradab dari kita. Seharusnya kita yang mengajar mereka tentang HAM dan  rasa tanggungjawab.

 Banyak lagi fakta-fakta sejarah yang menunjukkan penderitaan dan bencana kemanusiaan sekarang ini disebabkan oleh bangsa barat terutama Inggris

No comments:

Post a Comment