PEROBAHAN MINDSET PADA KURIKULUM 2013

4+4+4+4+4+4= ....  Berapa hasilnya? Seorang mahasiswa membantu adiknya mengerjakan PR. Dia menunjukkan proses pada adiknya sebagai berikut 4+4+4+4+4+4= 4 x 6 = 24. Namun di luar perkiraannya, oleh guru kelas II SD tempat adiknya bersekolah jawabannya salah. Yang betul adalah 4+4+4+4+4+4= 6x4 =24. Bagi orang awam ini aneh, hasilnya sama, tapi salah. Sang abang meradang mengeluh di media sosial. Muncullah berbagai tanggapan, termasuk dari dosen-dosen dan para pakar matematika. Tambah seru Bapak Yohannes Surya pun ikut menanggapi, tambah seru lagi dua professor sempat berdebat masalah soal matematika kelas 2 SD yang sepele ini.
Dan saya tergelitik pula untuk menanggapi dari kacamata kurikulum 2013.
Setiap kali pelatihan kurikulum 2013 untuk guru, materi pertama adalah perobahan mindset (pola pikir). Perobahan kurikulum itu yang pertama diminta adalah perobahan pola pikir guru. Kalau pola pikir guru tidak berobah, maka yakinlah nasib kurikulum yang sudah menghabiskan milyaran rupiah ini akan sama dengan kurikulum sebelumnya.
Dalam materi perobahan mindset ini dijelaskan bahwa pembelajaran kurikulum 2013 tidak lagi berbasis kecerdasan tapi berbasis kreatifitas. Hasil yang diharapkan  anak trampil berpikir untuk  menyelesaikanmasalah dalam kehidupannya. Untuk menghasilkan anak yang kreatif, maka pendekatan yang diwajibkan adalah pendekatan scientifik.
Salah satu yang harus dilakukan guru agar anak berprilaku kreatif adalah memberi tugas yang tidak memiliki satu jawaban yang benar.Mentolerir jawaban yang nyeleneh. Pembelajaran menekankan pada proses bukan hasil. Soal matematika untuk SD itu bisa saja seperti ini  6 + ...= 11 atau ... x 3 = .... Bisa juga ... + ... = ....
Satu hal lagi yang perlu diingat pada kurikulum 2013 tidak hanya mementingkan pengetahuan, tapi menyatukan sikap, pengetahuan dan keterampilan. Di SD porsi pembentukan sikap lebih besar dari pengetahuan dan keterampilan.
Untuk melaksanakan kurikulum 2013 di kelas seorang guru harus sudah pernah mengikuti pelatiahan implementasi kurikulum 2013 selama 52 Jam pelajaran, yang materi pertamanya adalah perobahan mindset.

Kejadian PR siswa kelas 2 SD yang disebutkan di atas menunjukan belum ada perobahan mindset pada guru. Dan ini seharusnya harus dipantau agar kurikulum yang filosofi dan tujuannya sangat mulia dan menghabiskan dana yang tidak sedikit ini akan menjadi sia-sia karena tidak diikuti oleh pola pikir guru. 

No comments:

Post a Comment