PUBLIKASI ILMIAH 2


Bapak/ ibu guru pengunjng Blok menulis bersama asawir
Yang saya hormati
Untuk menjawab pertanyaan-pertanya Bapak/ibu guru baik secara tertulis
Maupun secara lisan tentang kewajiban menulis
Publikasi Ilmiah
Maka pada blog ini kita tambahkan satu Label lagi yaitu
PUBLIKASI ILMIAH
 Aturan angka kredit bagi kenaikan jabatan guru yang berlaku sejak tanggal 1 januari 2013 dimana kenaikan pangkat jabatan fungsional guru mulai dari glongan III/b diwajibkan membuat  Publikasi ilmiah.
Secara garis besar publikasi ilmiah terdiri dari 3 kelompok yakni Presentasi pada Forum Ilmiah, Publikasi hasil penelitian/Gagasan inovatif dan Publikasi buku Teks Pelajaran, buku Pengayaan.

Ketiga kelompok publikasi Ilmiah ini akan kita bahas satu persatu. Pada Publikasi Ilmiah 2 ini akan kita bahas Publikasi Hasil Penelitian/ gagasan inovatif

PUBLIKASI HASIL PENELITIAN/
GAGASAN INOVATIF

Publikasi ilmiah guru dapat dipublikasikan dalam bentuk laporan hasil penelitian ( misalanya laporan penelitian tindakan kelas ) atau berupa tinjauan/ gagasan ilmiah yang ditulis berdasar pada pengalaman dan sesuai dengan tugas pokok serta fungsi guru. Publikasi ilmiah guru diatas, terdiri dari empat kelompok, yaitu sebagai berikut :
1. Laporan Hasil Penelitian
Laporan hasil penelitian adalah publikasi ilmiah berisi laporan hasil penelitian, pengkajian , survei danevaluasi yang dilakukan oleh guru pada bidang pendidikan yang telah dilaksanakan. Ini sebebarnya adalah hasil penelitian yang kita buat seperti Penelitian Tindakan Kelas oleh guru-guru atau bisa juga Penelitian tindakan sekolah yang dibuat oleh kepala sekolah
2. Tinjauan Ilmiah
Makalah tinjauan ilmiah adalah publikasi guru yang berisi gagasan penulis dalam upaya mengatasi berbagai masalah pendidikan formal dan pembelajaran yang ada di satuan pendidikannya.
3. Tulisan Ilmiah Populer
Karya ilmiah popular adalah tulisan yang dipublikasikan di media massa ( Koran, majalah, atau sejenisnya) karya ilmiah popular dalam kaitan dengan upaya pengembangan profesi ini merupakan kelompok tulisan yang lebih banyak mengandung isi pengetahuan, berupa ide, atau gagasan pengalaman penulis yang menyangkut bidang pendidikan pada satuan penulis bersangkutan.
4. Artikel Ilmiah
Artikel ilmiah dalam bidang pendidikan adalah tulisan yang berisi gagasan atau tinjauan ilmiah dalam bidang pendidikan formal dan pembelajaran di satuan pendidikan yang dimuat di jurnal ilmiah.
Bagaimana format penulisan dari  4 macam tulisan ilmiah ini nanti akan kita bahas satu persatu. Ikuti terus blog menulis bersama aswir


No comments:

Post a Comment