KARYA TULIS ILMIAH NONPENELITIAN M O D U L (PART VI)

Penyajian Materi dalam Modul
Materi disajikan secara naratif, deskriptif, argumentatif, dan illustratif. Beberapa kiat lain terkait penyajian materi ini adalah sebagai berikut:
a).       Gunakan Pertanyaan Retorik
Contoh:
@ Apakah Anda pernah mendengar penyakit diabetes? Atau barangkali keluarga Anda ada yang menderita diabetes? Apa sebenarnya diabetes itu? Ya, diabetes sebenarnya bukan penyakit, diabetes adalah...
@ Apakah Anda pernah mendengar istilah gerak? Apa­kah pengertian gerak dalam fisika berbeda dengan pengertian fisika dalam kehidupan sehari-hari? Apa yang terjadi jika di dunia ini tidak ada gerak? Apa sebenarnya gerak dalam fisika itu? Ya, pengertian gerak dalam fisika berbeda dengan gerak dalam kehidupan sehari-hari. Dalam fisika benda dikatakan bergerak jika...
b).         Hindari Ancaman
Contoh:
@ Jika nilai tes akhir modul Anda masih kurang dari 60 jangan berkecil hati, cobalah membaca sekali lagi.
@ Jika Anda telah memahami modul ini, silakan me­lanjutkan mempelajari modul berikutnya.
@ Usahakan tidak melihat kunci jawaban sebelum selesai mengerjakan soal.
c).         Berbicara dengan Pembaca
Contoh:
@ Melalui modul ini Anda akan mempelajari tentang...
@ Setelah selesai mempelajari modul ini Anda diharap­kan dapat...
@ Untuk lebih jelasnya, perhatikan beberapa contoh berikut...
@ Sebagai seorang siswa, kita seharusnya selalu siap mengerjakan tugas yang diberikan guru...
d).      Gunakan Kata Ganti Orang
Contoh:
@ Pada bagian sebelumnya, Ando telah mempelajari pengertian gaya. Selanjutnya, pada bagian ini kita akan membahas tentang...
e).       Hindari Kalimat Negatif Ganda
Contoh:
@ Jika kamu sudah memahami tentang konsep gaya, tak mungkin kamu tidak bisa mengerjakan soal tentang konsep gaya.
Kalimat tersebut bisa diperbaiki menjadi:
@ Jika kamu sudah memahami tentang konsep gaya, kamu pasti bisa mengerjakan soal tentang konsep gaya.
f).       Kalimat Aktif Lebih Dianjurkan
Contoh:
@ Daripada menggunaan kalimat: Materi gaya ini pernah dibahas pada waktu kelas VIII. Apakah materi ini masih diingat?
@ Dianjurkan: Kita pernah membahas materi gaya ini pada waktu kelas VIII. Kamu masih ingat, bukan?
g).         Lihatlah Perasaan Pembaca
Contoh:
@ Sebenarnya IPA itu mudah. Tapi, mengapa banyak siswa yang mengatakan IPA itu sukar? Mungkin Anda termasuk siswa yang ingin belajar IPA terasa mudah. Jika demikian, Anda perlu mencoba tips belajar IPA menjadi mudah berikut ini!




No comments:

Post a Comment