MENINGKATKAN KEMAMPUAN
DALAM MEMAHAMI READING TEXT
MELALUI PENERAPAN GENRE BASED APPROACH
SISWA KELAS X DI SMA N 1 SIAK
Oleh: Leli Satini, S.Pd
SMA N 1 SIAK
BAB 1
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Menurut
pendapat Tampubolon (1993) menjelaskan pada hakekatnya membaca adalah kegiatan
fisik dan mental untuk menemukan makna dari tulisan, walaupun dalam kegiatan
itu terjadi proses pengenalan huruf-huruf. Dan menerut pendapat Smith
(Ginting,2005) bahwa membaca merupakan suatu proses membangun pemahaman dari
teks yang tertulis.
Adapun beberapa hal
pentingnya membaca yaitu dapat membuka wawasan baru, memberikan pencerahan baru
pada pemikiran siswa. Mencerdaskan
intelektual, spiritual, emosional dan kepercayaan diri yang berpadu dengan
kerendahan hati. Membaca juga dapat membentuk
kemampuan siswa dalam berfikir
lewat proses, menangkap gagasan / informasi, memahami, mengimajinasikan,
menerapkan dan mengekspresikan.
Adapun
harapannya di dalam mempelajari reading text ini siswa harus mampu memahami
berbagai makna (interpersonal, ideasional, tekstual dalam berbagai teks tulis interaksional
dan monolog terutama yang berbentuk news item text.
Sementara
dalam proses belajar mengajar kemampuan siswa masih sangat rendah dalam
memahami reading text tersebut.Hal ini di tandai dengan adanya sebagian siswa
yang tidak mencapai nilai kkm pada saat ulangan harian atau mendapat program
remedial.
Adapun penyebab rendahnya
kemampuan siswa dalam memahami reading text tersebut kemungkinan di antaranya
kegiatan pembelajaran menonton atau kosa kata siswa yang terbatas atau kemungkinan
kurangnya motivasi siswa atau bisa juga di sebabkan kurangnya strategy guru
dalam pengajaran reading.
Sebagai seorang guru penulis
merasa terpanggil untuk memecahkan masalah-masalah yang di hadapi dalam proses
belajar – mengajar termasuk juga rendahnya kemampuan siswa dalam memahami
reading text dan penulis merasa menemukan alternative pemecahannya yaitu
melalui penerapan genre based approach namun peningkatan kemampuan siswa dalam
memahami reading text belum teruji secara ilmiah oleh karena alas an inilah
penulis membuat penelitian dengan judul MENINGKATKAN KEMAMPUAN DALAM MEMAHAMI
READING TEXT MELALUI PENERAPAN GENRE BASED APPROACH SISWA KELAS X DI SMA N 1
SIAK.
B.
Identifikasi
Masalah
Identifikasi dalam penelitian ini adalah:
1. Kegiatan
pembelajaran menonton
2. Kosa
kata siswa terbatas
3. Kurang
motivasi siswa
4.
Kurangnya
strategy guru dalam pengajaran reading
C.
Pembatasan
Masalah
Berdasarkan
identifikasi masalah di atas pembatasan penelitian ini hanya di batasi pada
meningkatkan kemampuan siswa dalam reading text melalui penerapan genre based
approach.
D.
Rumusan
Masalah
Rumusan
masalah dalam penelitian ini adalah:
1. Apakah
melalui penerapan genre based approach dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas
x dalam memahami reading text.
E.
Tujuan
Penelitian
Tujuan
penelitian ini adalah:
1.
Untuk
mendapatkan informasi seberapa jauh meningkat.
F.
Manfaat
Penelitian
Adapun manfaat penelitian ini adalah untuk meningkatkan
belajar siswa.
BAB II
KAJIAN
PUSTAKA
A.
Kajian teoritik
B.
Penelitian yang relevan
C.
Kerangka berpikir
BAB 111
METODOLOGI
PENELITIAN
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas atau
pencapaian belajar siswa.Adapun metodologi penelitiannya adalah:
A.
Setting
Penelitian
1.
Tempat
Penelitian ini diadakan di SMA N 1 SIAK kelas
x di ambil kelas ini karena penulis mengajar di kelas ini, di samping itu juga
kemampuan siswa dalam memahami reading text sangat lemah sekali khususnya dalam
genre news item.Oleh karena itu penulis ingin meneliti bagaimana kemampuan
siswa dalam memahami reading text tersebut.
2.
Waktu
Penelitian
ini di perkirakan akan di lakukan pada pertengahan bulan januari 2013, yaitu
pada ajaran tahun 2012-2013.
3.
Subject
Adapun subject penelitian ini adalah
siswa kelas x yang berjumlah 35 siswa, 15 laki-laki dan 20 perempuan.
B.
Prosedure
Penelitian
Penelitian
ini dilakukan dalam 3 siklus.
1.
Siklus
Pertama
Yaitu: Mencari materi, merancang RPP,memberikan pre-test boleh jika ada
ataupun tidak ada. Memberikan
tindakan atau perlakuan, kemudian mengadakan pengujian.
2.
Siklus
Kedua
Yaitu: Menganalisa hasil, refleksi dan
memberikan tindakan.
3.
Siklus
Ketiga
Yaitu: Menganalisa hasil dan refleksi
C.
Instrumen
Penelitian
Instrumen
penelitian ini berupa test tertulis, ini untuk menguji kemampuan
D.
Analisis
Data
Keberhasilan
penelitian ini di tentukan oleh meningkatnya hasil belajar siswa dan respon
yang baik dari siswa oleh karena itu di gunakan test tertulis untuk mengukur
hasil belajar siswa tersebut. Setiap
siklus analisa data dilakukan dengan melihat peningkatan hasil dari siklus 1,2
dan 3, yang di jelaskan berupa angka dan deskripsi kemajuan.
No comments:
Post a Comment