HIDUP SEHAT MELALUI JALAN KAKI

Judul Buku                : Jangan Abaikan Jalan Kaki
Penulis                        : As’Adi Muhammad
Penerbit                      : DIPA Press
Tahun Terbit             : 2011
Halaman                     : 148

Anda mau sehat dengan  olah raga ringan, murah tanpa biaya?Jalan kakilah jawabnya.
Anda ingin terhindar dari berbagai penyakit mematikan seperti serangan jantung, kolesterol, kanker, hingga diabetes? Mudah saja terapinyahanya, dengan jalan kaki


Jalan kaki suatu yang lumrah kita lakukan, namun jangan dianggap enteng, karena tidak sedikit manfaat yang kita peroleh dengan jalan kaki. Jalan kaki itu sehat, membuat badan segar dan menyenangkan dan cocok untuk semua umur.
Apalagi saat sekarang ini banyak sekali orang yang risau dengan berat badannya, maka semuanya ini bisa ditanggulangi dengan melakukan kegiatan jalan kaki secara teratur dan disiplin.
Dalam buku setebal 148 halaman ini dijelaskan beberapa prinsip jalan kaki, diantaranya bagaimana mempersiapkan diri untuk melakukan olah raga jalan kaki, bagaimana menghindari cedera. Juga dijelaskan bagaimana menghitung intensitas olahraga. Demikian juga bagaimana melakukan olah raga jalan kaki bersama keluarga dan anak-anak.
Hal terpenting lainnya dari jalan kaki adalah jalan kaki dapat membakar lemak lebih cepat, namun walaupun begitu selama melalukan aktifitas jalan kaki ada beberapa yang harus diperhatikan. Diantaranya, hindari tanjakan yang curam, ayunkan lengan selama berjalan; lakukan dengan langkah-langkah kecil; tetapkan titik tujuan, libatkan otot betis, pilih sepatu yang tepat, berdiri tegak dan tingkatkan detak jantung serta tambahkan kekuatan.

Ada beberapa jenis jalan kaki yang bisa dipilih, antara lain: Berjalan interval yang merupakan kombinasi latihan berat dan ringan secara intens; jalan 10.000 langkah, para akhili mengatakan  bahwa orang dewasa membutuhkan 10 ribu langkah agar tetap sehat dan aktif; senam berjalan, sementara berjalan tambahkan beberapa aktifitas jalan kaki untuk meningkatkan massa otot;   hiking  atau pilihan lainnya berjalan mundur.

Penyakit berat yang bisa disembuhkan dengan jalan kaki adalah: penyakit jantung, stroke, diabetes melitus, hipertensi, osteoporosis dan  kanker. Ada beberapa macam kanker yang bsia disembhkan dengan aktifitas olah raga jalan kaki. Fakta yang dikemukakan disini bukan lah sekedar cerita saja tapi didukung oleh bukti-bukti yang mendukung keberhasilannya.
Di samping penyakit berat, olah raga jalan kaki juga dapat menyembuhkan penyakit ringan, antara lain: demensia, obesitas, stress/depresi, nyeri punggung, encok dan jalan kali bagus juga untuk mereka yang sedang berdiet.
Manfat lain dari jalan kaki adalah: menimbulkan rasa bahagia, awet muda; berjalan kaki juga mempermudah tidur  bagi yang sulit tidur; Jalan kaki juga dipercaya dapat memperpanjang umur, melansingkan tubuh, meningkatkan gairah seks; untuk kesehatan ibu hamil dan kesehatan jiwa.
Resensi ini dibuat dengan ringkas, namun untuk mendapat kan keterangan yang lebih lengkap dan langkah-langkah yang harus dilakukan ada baiknya membaca buku ini bagi yang berminat. Dan buku ini pun mudah dimengerti karena sistimatika penulisannya membuat kita mudah memahami.

No comments:

Post a Comment