Membangun lingkungan yang positif dan menyenangkan di dalam kelas bukanlah sesuatu yang langsung terjadi begitu saja. Tetapi harus diusahakan. Berbagai aspek dipertimbangkan dan disesuaikan. Masalahnya pada setiap kelas tidak sama. Ada yang mudah ada pula yang susah.
Namun kalau usaha untuk menciptakan kondisi kelas yang menyenangkan ini berhasil kita akan mulai akan mulai melihat perubahan lambat mulai berdampak pada siswa dan kualitas pembelajaran. Usaha yang kita lakukan kadangkala . Melibatkan trial and error dan sedikit penyesuaian reaksi terhadap suatu situasi.
Artikel
ini akan menyoroti lima tip untuk membantu kita guru mulai membuat perubahan kecil pada
rutinitas kelas yang dapat menciptakan
pengaturan kelas yang lebih optimis.
Sangat penting bagi kita
untuk belajar mengendalikan emosi dan amarah. Kita akan menemukan bahwa mengendalikan kelas jauh lebih mudah. Berlatihlah mendisiplinkan
emosi, bahasa tubuh, ekspresi wajah dan nada suara, serta pilihan kata. .
Biarkan siswa yang menyebabkan gangguan memiliki sedikit 'ruang gerak' untuk
menghindari konfrontasi fisik atau emosional lebih lanjut.
2. Berhenti mengambil
sesuatu secara pribadi.
Setiap kali seorang siswa menunjukkan sikap
atau perilaku yang buruk atau menggunakan bahasa kotor, ingatlah bahwa itu sama
sekali tidak ada hubungannya dengan kita dan itu tidak ditujukan
kepada kita guru secara
pribadi. Ketika kita menguasai diri sendiri, kita akan merasa jauh lebih mudah untuk menjadi lebih fair dan melihat sesuatu dari kedua sudut pandang. Kita juga
akan lebih mampu mengenali saat seorang siswa tertekan. Semua ini akan membuat
situasi jauh lebih tidak mengancam dan lebih mudah dipecahkan.
3. Gunakan humor alih-alih
sarkasme.
Kemampuan untuk menetralkan suasana akan menunjukkan kepada
siswa bahwa kita adalah
guru yang akan membantu mereka merasa lebih nyaman. Jika
kita merasakan perkembangan situasi yang berpotensi
"berbahaya" atau "sulit", kita mungkin menemukan bahwa sedikit humor akan
membantu meredakan ketegangan. Di sisi lain, sarkasme mendorong ketegangan yang
ada dan seringkali membuat situasi menjadi lebih sulit. Itu juga dapat menyakiti
siswa. Jadi sebaiknya
sarkasme lebih baik tidak diginakan di dalam kelas
4. Buat segala sesuatunya
sederhana.
Tetapkan aturan dasar sejak awal semester
dan jelaskan kepada siswa. Beri tahu siswa bahwa mematuhi dan mentaati peraturan akan meningkatkan perkembangan
pribadi mereka baik secara pribadi maupun dalam kehidupan sekolah . Beberapa
posting sederhana di mana mereka dapat diperkuat secara tegas dan memiliki efek
paling besar akan membuat situasi yang tidak nyaman menjadi lebih impersonal
dan lebih mudah diterima. Tempelkan daftar aturan sederhana di kelas di mana semua siswa dapat melihatnya. Semua peraturan sekolah umum
juga harus ada di sana. Pastikan bahwa aturan ini diterapkan ke dalam rencana
pelajaran harian .
5.
Tunjukkan rasa percaya
diri dan niat yang tulus.
Rasa percaya diri sangat mempengaruhi keberhasilan kita dalam melaksanakan sesuatu. Di dalam kelas kita harus percaya diri bahwa kita adalah guru yang mampu dan menguasai pelajaran yang kita ampu. Untuk mencapai rasa percaya diri ini kita tentu selalu meng update pengetahuan dan keterampilan kita. Dan juga niat yang tulus untuk membantu siswa yang akan membuat siswa merasa nyaman dalam pembelajaran. Jika membutuhkan lebih banyak bantuan atau nasihat dalam membangun kelas yang positif, ada banyak sumber pengajaran yang tersedia secara online untuk kita ber konsultasi.
Demikian lah beberapa
tip yang mungkin bisa kita coba gunakan untuk membuat Susana kelas yang nyaman
dan menyenangkan agar siswa lebih makasamal dalam belajar. Selamat mencoba..
Catatan:
1. Bahan diolah dari https://www.teach-nology.com/tutorials/teaching/positiveclass.html
2. Beberapa gambar
diambil dari google.
No comments:
Post a Comment