Menciptakan Suasana Kelas yang Menyenangkan? Ini Tip nya

Membangun lingkungan yang positif  dan menyenangkan di dalam kelas  bukanlah sesuatu yang  langsung terjadi begitu saja. Tetapi harus diusahakan. Berbagai aspek dipertimbangkan dan disesuaikan. Masalahnya pada setiap kelas tidak sama. Ada yang mudah ada pula yang susah.

  Namun kalau usaha untuk menciptakan kondisi kelas yang menyenangkan ini berhasil kita akan mulai akan mulai melihat perubahan lambat mulai berdampak pada siswa  dan kualitas pembelajaran. Usaha yang kita lakukan kadangkala Melibatkan trial and error dan sedikit penyesuaian reaksi  terhadap suatu situasi.

Artikel ini akan menyoroti lima tip untuk membantu kita guru mulai membuat perubahan kecil pada rutinitas kelas  yang dapat menciptakan pengaturan kelas yang lebih optimis.

 1.    Disiplin diri.



Sangat penting bagi kita untuk belajar mengendalikan emosi dan amarah.  Kita  akan menemukan bahwa mengendalikan kelas  jauh lebih mudah. Berlatihlah mendisiplinkan emosi, bahasa tubuh, ekspresi wajah dan nada suara, serta pilihan kata. . Biarkan siswa yang menyebabkan gangguan memiliki sedikit 'ruang gerak' untuk menghindari konfrontasi fisik atau emosional lebih lanjut.

2.    Berhenti mengambil sesuatu secara pribadi.



Setiap kali seorang siswa menunjukkan sikap atau perilaku yang buruk atau menggunakan bahasa kotor, ingatlah bahwa itu sama sekali tidak ada hubungannya dengan kita dan itu tidak ditujukan kepada kita guru secara pribadi. Ketika kita  menguasai diri  sendiri, kita  akan merasa jauh lebih mudah untuk menjadi lebih fair  dan melihat sesuatu dari kedua sudut pandang. Kita juga akan lebih mampu mengenali saat seorang siswa tertekan. Semua ini akan membuat situasi jauh lebih tidak mengancam dan lebih mudah dipecahkan.


3.      Gunakan humor alih-alih sarkasme.



 Kemampuan untuk menetralkan suasana  akan menunjukkan kepada siswa  bahwa kita adalah guru  yang  akan membantu mereka merasa lebih nyaman. Jika kita  merasakan perkembangan situasi yang berpotensi "berbahaya" atau "sulit", kita  mungkin menemukan bahwa sedikit humor akan membantu meredakan ketegangan. Di sisi lain, sarkasme mendorong ketegangan yang ada dan seringkali membuat situasi menjadi lebih sulit. Itu juga dapat menyakiti siswa. Jadi sebaiknya sarkasme lebih baik tidak diginakan di dalam kelas


4.    Buat segala sesuatunya sederhana.



Tetapkan aturan dasar sejak awal semester dan jelaskan kepada siswa. Beri tahu siswa bahwa mematuhi dan mentaati  peraturan akan meningkatkan perkembangan pribadi mereka baik secara pribadi maupun dalam kehidupan sekolah . Beberapa posting sederhana di mana mereka dapat diperkuat secara tegas dan memiliki efek paling besar akan membuat situasi yang tidak nyaman menjadi lebih impersonal dan lebih mudah diterima. Tempelkan daftar aturan sederhana  di kelas di mana semua siswa  dapat melihatnya. Semua peraturan sekolah umum juga harus ada di sana. Pastikan bahwa aturan ini diterapkan ke dalam rencana pelajaran harian .


5.      Tunjukkan rasa percaya diri dan niat yang tulus.

Rasa percaya diri sangat mempengaruhi keberhasilan kita dalam melaksanakan sesuatu. Di dalam kelas kita harus percaya diri bahwa kita adalah guru yang mampu dan menguasai pelajaran yang kita ampu. Untuk mencapai rasa percaya diri ini kita tentu selalu meng update pengetahuan dan keterampilan kita. Dan juga niat yang tulus untuk membantu siswa yang akan membuat siswa merasa nyaman dalam pembelajaran.  Jika  membutuhkan lebih banyak bantuan atau nasihat dalam membangun kelas yang positif, ada banyak sumber pengajaran yang tersedia secara online untuk kita ber konsultasi.



Demikian lah beberapa tip yang mungkin bisa kita coba gunakan untuk membuat Susana kelas yang nyaman dan menyenangkan agar siswa lebih makasamal dalam belajar. Selamat mencoba..

Catatan:

1.      Bahan diolah dari https://www.teach-nology.com/tutorials/teaching/positiveclass.html

2.      Beberapa gambar diambil dari google.

 

No comments:

Post a Comment