Tanya :
Sekarang saya sudah memami bidang kajian tindakan kelas. Namun bagaimana
saya mendapatkan masalah yang akan saya angkat menjadi Penelitian tindakan
kelas?
Jawab : Penelitian
tindakan kelas berangkat dari masalah yang ada yang dihadapi guru. Supardi
Suharjono(2012: 35) mengatakan salah
satu karakteristik Penelitian Tindakan Kelas, masalah berasal dari guru sendiri.
Banyak guru yang tidak menyadari ada masalah dalam pembelajarannya. Lebih jauh Supardi Suharjono memberi panduan bagi
guru untuk mengeksplorasi masalah :
-
Apa yang sedang terjadi di kelas?
-
Apa saja yang menimbulkan adanya masalah itu?
-
Dari masalah tersebut, kelas mana yang paling dirasa
merisaukan dalam pelajaran kesehariannya
-
Diantara berapa indikasi masalah, mana yang mungkin
menjadi penyebab utamanya?
-
Apa yang akan terjadi jika masalah tersebut dibiarkan?
-
Alternatif apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi atau
memperbaiki masalah tersebut.
-
Dari beberapa alternatif yang ada mana yang paling
memungkinkan untuk dilakukan untuk perbaikan pembelajaran?
-
Apakah guru sudah yangkin dengan tindakannya itu?
(Supardi
Suharjono, Strategi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas, 2012)
No comments:
Post a Comment