Tanya :
Apa benar Penelitian tindakan Kelas
tidak boleh penelitian eksprimen?
Jawab : Bisa saja. Ada 4 jenis PTK
yaitu, PTK
diasnogtik, PTK partisipan, PTK empiris, dan PTK eksperimental
Tanaya : Bisa dijelaskan lebih detil?
Jawab : 1. PTK Diagnostik; yang dimaksud dengan PTK diagnostik
ialah penelitian yang dirancang dengan menuntun peneliti ke arah suatu
tindakan. Dalam hal ini peneliti mendiagnosia dan memasuki situasi yang terdapat
di dalam latar penelitian. Sebagai contohnya ialah apabila peneliti berupaya
menangani perselisihan, pertengkaran, konflik yang dilakukan antar siswa yang
terdapat di suatu sekolah atau kelas.
2. PTK Partisipan; suatu penelitian dikatakan sebagai PTK partisipan ialah
apabila orang yang akan melaksanakan penelian harus terlibat langsung dalam
proses penelitian sejak awal sampai dengan hasil penelitian berupa laporan.
Dengan demikian, sejak penencanan panelitian peneliti senantiasa terlibat,
selanjutnya peneliti memantau, mencacat, dan mengumpulkan data, lalu
menganalisa data serta berakhir dengan melaporkan hasil panelitiannya. PTK
partisipasi dapat juga dilakukan di sekolah seperti halnya contoh pada butir a
di atas. Hanya saja, di sini peneliti dituntut keterlibatannya secara langsung
dan terus-menerus sejak awal sampai berakhir penelitian.
3. PTK Empiris; yang dimaksud dengan PTK empiris ialah apabila peneliti berupaya
melaksanakan sesuatu tindakan atau aksi dan membukakan apa yang dilakukan dan
apa yang terjadi selama aksi berlangsung. Pada prinsipnya proses penelitinya
berkenan dengan penyimpanan catatan dan pengumpulan pengalaman penelti dalam
pekerjaan sehari-hari.
4. PTK Eksperimental; yang dikategorikan sebagai
PTK eksperimental ialah apabila PTK diselenggarakan dengan berupaya menerapkan
berbagai teknik atau strategi secara efektif dan efisien di dalam suatu
kegiatam belajar-mengajar. Di dalam kaitanya dengan kegitan belajar-mengajar,
dimungkinkan terdapat lebih dari satu strategi atau teknik yang ditetapkan
untuk mencapai suatu tujuan instruksional. Dengan diterapkannya PTK ini
diharapkan peneliti dapat menentukan cara mana yang paling efektif dalam rangka
untuk mencapai tujuan pengajaran.
No comments:
Post a Comment