B. Karakteristik
dan Ciri-Ciri Modul
Bersifat detail bukan global
karena modul bukan LKS.
Memperhatikan "rumpun" materi. Misalnya
menulis, membaca, sastra, dsb.
Mengacu pada karakteristik mata pelajaran,
standar kompetensi mata pelajaran, dan
materi pokok.
Dapat dipelajari secara mandiri oleh siswa karena
bersifat detail.
Dapat berfungsi sebagai
penjabaran materi, pendalaman
materi, dan alat evaluasi.
Membuka peluang proses penyampaian yang aktif, menyenangkan, dan variatif.
Bersifat fleksibel,
terbuka, dan inovatif.
Memberikan gambaran kegiatan
apa yang harus, perlu, seyogyanya atau disarankan untuk dilakukan siswa
(tidak mesti ekplisit tapi dapat implisit).
Bersumber atau mengacu dari referensi induk dan
dari beberapa sumber.
Penyusunannya dapat dilakukan secara individu
atau kelompok. Apabila kelompok sangat
disarankan untuk mempertimbangkan
aspek kecenderungan, minat, visi personal, dan keahlian khusus dengan
tetap berpegang pada semangat menghargai
perbedaan.
Diupayakan memuat penugasan
terstruktur, kegiatan
mandiri tidak terstruktur dan program remedial.
mandiri tidak terstruktur dan program remedial.
Sedapat mungkin memasukkan unsur lokalitas, kontekstualitas tanpa mengabaikan universalitas.
No comments:
Post a Comment