Banyak
keluhan dari teman-teman guru, mereka sudah mengajukan PTK untuk kenaikan pangkat, tapi oleh team
penilai ditolak dan tidak dinilai. Mereka tidak tahu apa alasannya.
Nah berikut
ini saya akan mencoba memberi penjelasan kenapa suatu Penelitian tindakan kelas
ditolak. Karena jawabannya agak panjang maka akan dimuat secara bersambung.
Langkah pertaman dari
penilaian Laporan hasil penelitian ialah APIK.Laporan penelitian harus memenuhi
kriteria APIK ini. APIK adalah singkatan dari Asli, Perlu, Ilmiah dan Konsisten.
Team Penilai akan
meragukan keaslian dari suatu karya
ilmiah jika mereka menemukan hal-hal sebagai berikut:
1. Adanya berbagai data yang tidak konsisiten seperti
nama, nama sekolah, lampiran, foto dan data yang tidak sesuai.
2. Waktu pelaksanaan kegiatan penelitian yang tidak
wajar, terlalu banyak penelitian yang dilakukan pada waktu yang terbatas (satu
tahun maksimal dua penelitian)
3. Penilai meragukan kualitas, seperti bahasa digunakan
mungkin sudah sangat ilmiah sehingga diragukan apakah itu memang hasil karya
ilmiah guru tersebut. Atau gaya bahasanya mencolok diantara karya-karya yang
dibuat seorang guru yang sama.
4. Terdapat terlalu banyak kesamaan diantara publikasi
ilmiah yang dinyatakan dibuat pada waktu
yang berbeda seperti foto-foto, dokumen, surat pernyataan yang dibuat dibuat
pada waktu yang berbeda, sama antara satu dengan yang lainnya.
5. Terdapat kemiripan yang nyata dengan skripsi, tesis atau desertasi, baik karya yang bersangkutan
maupun karya orang lain.
6. Terdapat berbagai kesamaan dengan publikasi yang
dibuat oleh orang lain dari daerah yang sama, seperti di sekolah, kabupaten,
kota atau wilayah yang sama.
No comments:
Post a Comment