BAB I
PENDAHULUAN
YURITA,S.Pd.AUD
ABSTRACT
The
main problem in this research is the low counting ability in children and this
problem is overcome by using picture card media. This research is aimed to
prove that through picture card media can improve the ability of counting at
early childhood group B in tk Islam At-taubah kec .Chill limits.this research
is a classroom action research with the subject of children in tk Islam
At-taubah which amounted to 19 children. The study was conducted within 3
months (September to November 2017)
Data
from this study were collected through a series of tests on numeracy learning
to measure the progress of children's progress in learning to use picture card
media to improve children's numeracy skills. While the data obtained is
analyzed descriptively. The study was conducted in 2 cycles. In the first cycle
the ability of children to develop very well (BSB) was only 1 person (5%),
whereas in cycle 2 it increased the ability of very good developing children
(BSB) to 12 people (63%).
The
conclusions of this study are: Based on the program and data presented in Chapter
IV, then the conclusion of this research that Through picture card media can
improve the ability of children in counting.
Kata
kunci :Media kartu bergambar
. Latar
belakang
Belajar berhitung terjadi secara alami
seperti pada saat anak bermain.anak usia dini menemukan,menguji,serta
menerapkan konsep berhitung secara alami hampir setiap hari melalui
kegiatan-kegiatan yang mereka lakukan.berhitung adalah penguasaan terhadap ilmu
hitung dasar yang meliputi penjumlahan,pengurangan,perkalian dan pembagian.pelajaran
berhitung menjadi syarat untuk dapat belajar matematika.tapi tidak semua orang
harus bisa matematika.
Dapat di telaah dengan lebih memahami
pengertian berhitung.dari sejumlah referensi di jelaskan dapat kita maknai
bahwa berhitung merupakan bagian dari matematika terutama konsep bilangan yang
merupakan juga dasar bagi pengembangan kemampuan matematika maupun kesiapan
untuk mengikuti pendidikan dasar.
Kegiatan berhitung untuk anak usia dini
di sebut dengan kemampuan berhitung permulaan,yakni kemampuan setiap anak untuk
mengembangkan kemampuannya,karakteristik perkembangannya di mulai dari
lingkungan yang terdekat dengan dirinya ,sejalan dengan perkembangan
kemampuannya anak dapat meningkat ke tahap pengertian mengenai jumlah,yang
berhubungan dengan penjumlahan dan pengurangan (susanto,2011)
Pentingnya pembelajaran berhitung anak
usia dini adalah dalam kegiatan transaksi sehari-hari kita mengenal berbagai
jenis angka sebagai alat untuk berhitung,diantaranya yaitu ;angka arab,angka
romawi,angka latin.ketiganya sama sebagai lambang bilangan,yang membedakannya
hanya cara penulisannya.agar anak mengetahui dasar dasar pembelajaran
berhitung/matematika sehingga pada saatnya nanti anak akan lebih siap mengikuti
pembelajaran matematika pada jenjang pendidikan selanjutnya yang lebih kompleks
Jadi pembelajaran berhitung anak usia
dini dapat tercapai dengan maksimal,anak dapat berpikir secara logis dan
sistimatis secara dini,anak dapat menyesuaikan dan melibatkan diri dgn
masyarakat,memiliki ketelitian dan konsentrasi,memiliki konsep ruang dan
waktu,memiliki kreatifitas dan imajinasi dalam menciptakan sesuatu yang
spontan.
Terjadinya kesenjangan antara kondisi
ideal dengan kenyataan yang di hadapi di sekolah bisa di sebabkan terjadi oleh
beberapa hal antara lain : alat peraga yang kurang menarik atau kurangnya media
pembelajaran, kemungkinan juga kurangnya bantuan dan perhatian dari orang
tua,metode yang di gunakan kurang tepat,kurangnya minat anak untuk belajar.
Sebagai seorang guru,penulis selalu
memikirkan bagaimana mengatasi kesenjangan
ini yaitu : rendahnya kemampuan berhitung pada anak .dan penulis merasa
bisa menyelesaikan masalah ini dengan menggunakan metode media kartu
gambar.tapi ini belum teruji secara ilmiah.oleh sebab itulah penulis tertantang
untuk melakukan penelitian tindakan kelas dengan judul “MENINGKATKAN KOGNITIF
ANAK DALAM BERHITUNG DI TK ISLAM AT-TAUBAH MELALUI MEDIA KARTU BERGAMBAR”.
B.
Identifikasi
Masalah
Identifikasi masalah dalam penelitian
tindakan kelas ini adalah sebagai berikut :
1. Alat
peraga yang kurang menarik
2. Kurangnya
media pembelajaran
3. Kurangnya
perhatian dan bantuan dari orang tua
4. Metode
yang di gunakan kurang menarik
5. Kurangnya
minat untuk belajar
C.
Pembatasan
Masalah
Berdasarkan Identifikasi masalah di atas
penelitian ini hanya di batasi pada MENINGKATKAN KOGNITIF ANAK DALAM
BERHITUNG DI TK ISLAM AT-TAUBAH MELALUI
MEDIA KARTU BERGAMBAR
D.
Rumusan
Masalah
Rumusan masalah ini adalah apakah
melalui metode bermain kartu bergambar dapat meningkatkan kemampuan berhitung
anak pada Tk.Islam At-taubah.
E.
Tujuan
Penelitian
Tujuan penelitian tindakan kelas ini
adalah untuk membuktikan bahwa melalui metode media kartu bergambar dapat
meningkatkan kemampuan berhitung pada anak di Tk.Islam At-taubah.
F.
Manfaat Penelitian
Manfaat Penelitian ini adalah sebagai
berikut :
1. Untuk
bahan naik pangkat
2. Untuk
meningkatkan hasil belajar anak
3. Untuk
meningkatkan profesional guru
BAB
II
KAJIAN
TEORY
A.
Teori
yang di gunakan
Penelitian
ini berhubungan dengan kemampuan dan kesiapan anak dalam memasuki pendidikan ke
jenjang selanjutnya.karena alasan itu pada kajian teori ini perlu di perjelas
pada anak usia dini.
1. Kemampuan
kognitif
Dalam
teorinya, Piaget memandang bahwa proses berpikir sebagai aktivitas gradual dan
fungsi intelektual dari konkret menuju abstrak. Dalam teorinya, Piaget
memandang bahwa proses berpikir sebagai aktivitas gradual dari fungsi
intelektual dari konkret menuju abstrak.
Bruner
menekankan bahwa proses belajar akan berjalan dengan baik dan kreatif jika guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan suatu konsep, teori, aturan,
atau pemahaman melalui contoh-contoh yang ia jumpai dalam kehidupan. Bruner
meyakini bahwa pembelajaran tersebut bisa muncul dalam tiga cara atau bentuk,
yaitu: enactive,iconic dan simbolic.
2. Kemampuan
berhitung
Kegiatan
berhitung untuk anak usia dini disebut pula kegiatan menyebutkan urutan
bilangan atau membilang buta. Anak menyebutkan urutan bilangan tanpa
menghubungkan dengan benda-benda konkret. Pada usia 4 tahun mereka dapat
menyebutkan urutan bilangan sampai sepuluh. Sedangkan usia 5 sampai 6 tahun
dapat menyebutkan bilangan sampai seratus (Sriningsih, 2008)
Menurut
Piaget, tujuan pembelajaran berhitung anak usia dini sebagai
logico-mathematical learning atau belajar berpikir logis dan matematis dengan
cara yang menyenangkan dan tidak rumit. Sehingga bukan agar anak dapat
menghitung sampai seratus atau seribu, tetapi memahami bahasa matematis dan
penggunaannya untuk berpikir (Suyanto, 2005).
3.
Pengertian
media
Beberapa pengertian media menurut para ahli :
1
Ahmad Rohani. Media
merupakan segala sesuatu yang dapat ditangkap oleh indra manusia, yang
berfungsi sebagai perantaa, sarana, atau alat untuk proses komunikasi (proses
belajar mengajar).
2
Ali. Media mencakup berbagai
jenis komponen dalam lingkungan siswa, yang dapat merangsang siswa untuk
belajar. (baca: Karakteristik
Media Penyiaran)
3
Arif S Sadirman. Media
mencakup segala alat fisik yang dapat menyajikan pesan, dan merangsang siswa
untuk belajar. Contohnya film, buku, atau kaset. (baca: Peran Media
Komunikasi Politik)
4
Arsyad. Media dapat
diartikan sebagai perantara atau pengantar pesan, dari pengirim pesan ke
penerimanya. Media disini dapat berupa suatu bahan (software) dan/ atau suatu
alat (hardware).
5
Association of Education and
Communication Technology (AECT). Media merupakan segala bentuk dan
saluran yang digunakan penyampaian pesan dan informasi.
4. Kartu bergambar
Flash Card atau Education Card adalah kartu-kartu
bergambar yang dilengkapi kata-kata, yang diperkenalkan oleh Glenn Doman,
seorang dokter ahli bedah otak dari Philadelphia, Pennsylvania. Gambar-gambar
pada flashcard dikelompok-kelompokkan antara lain: seri binatang, buah-buahan,
pakaian, warna, bentuk-bentuk angka, dan sebagainya. Kartu ini dimainkan dengan
cara diperlihatkan kepada anak dan dibacakan secara cepat, hanya dalam waktu 1
detik untuk masing-masing kartu. Tujuan dari metode itu adalah melatih
kemampuan otak kanan untuk mengingat gambar dan kata-kata, sehingga
perbendaharaan kata dan kemampuan membaca anak bisa dilatih dan ditingkatkan
sejak usia dini.
B. Hipotesis Tindakan
Berdasarkan teori yang di gunakan di atas maka
hipotesa tindakan ini adalah dengan metode media kartu bergambar dapat meningkatkan
kemampuan berhitung pada anak usia dini.
BAB
III
METODE
PENELITIAN
A.
Seting
Penelitian
Seting penelitian ini meliputi : tempat
penelitian,waktu penelitian dan siklus penelitian.
1. Tempat
penelitian.
Penelitian
ini di lakukan di TK.ISLAM AT-TAUBAH.
2. Waktu
penelitian
Penelitian
tindakan kelas ini dilakukan antara tanggal 25 september s/d 15 oktober 2017
3. Siklus
penelitian
Penelitian
tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus untuk melihat perkembangan
kemampuan berhitung anak
B.
Persiapan
Penelitian
Pada tahap persiapan ini pertama kali
guru memilih KD,kemudian membuat RPPH,menentukan langkah-langkah dan menyiapkan
alat ukur/instrumen.
C.
Subject
Penelitian
Subject
Penelitian ini adalah anak kelompok B5 Tk.Islam At-taubah.
D.
Teknik
dan Alat Pengumpulan Data
Tujuan
penelitian ini adalah untuk melihat peningkatan kemampuan anak dalam berhitung
dengan menggunakan media kartu bergambar. Maka instrumen penilaiannya
menggunakan observasi skala likert.
Analisis Data
Dalam
penelitian tindakan kelas ini data yang di kumpulkan peneliti yaitu :
1. Data
Kualitatif ( nilai hasil belajar siswa ) dapat di analisa secara deskriptif.
Dalam hal ini peneliti menggunakan analisa statistik deskriptif, misalnya mencari nilai rata-rata
,persentasi keberhasilan dan lain sebagainya.
2. Data
kuantitatif,yaitu data yang merupakan informasi yang berbentuk kalimat yang
memberikan gambaran tentang eksepresi peserta didik berkaitan dengan tingkat
pemahaman suatu mata pelajaran (kognitif) pandangan atau sikap (afektif),
aktifitas peserta didik mengikuti pelajaran,perhatian,antusias dalam
belajar,kepercayaan diri,motivasi belajar dapat di tulis secara kualitatif.
E.
Prosedur
Penelitian
Penelitian
tindakan ini dilakukan dalam 2 siklus untuk melihat perkembangan peningkatan
kemampuan berhitung anak dengan menggunakan media kartu bergambar. Setiap
siklus terdiri dari 3 tahapan yaitu perencanaan, persiapan kemudian pelaksanaan
dan di tindaklanjuti dengan refleksi.
BAB
IV
HASIL
DAN PEMBAHASAN
PENELITIAN
Adapun
deskripsi hasil penelitian tindakan ini dapat di uraikan dalam tahapan
siklus-siklus pembelajaran yang di lakukan seperti berikut ini :
A.
Siklus
1
1. Perencanaan
a) Penulis
mempelajari KD dan menyusun RPPH
b) Berdasarkan
KD disusunlah langkah-langkah pembelajaran
c) Untuk
siklus i penulis belum memberi perlakuan,tapi langsung menguji kemampuan anak
tentang berhitung
2. Pelaksanaan
a) Menyuruh
anak berhitung dari 1 s/d 10
b) Mengenalkan
hasil uji coba
c)
Hasil uji coba sebagai
berikut :
HASIL UJI COBA
PEMBELAJARAN BERHITUNG
SIKLUS
I
NO
|
Nama
Anak
|
Nilai
|
||||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
|||
1
|
Airin Ghassaniy Ulya
|
√
|
||||
2
|
Alya Hikmah Mufidah
|
√
|
||||
3
|
Aprilia Khairunisa
|
√
|
||||
4
|
Assyifa Nur Hamiza
|
√
|
||||
5
|
Ayunda Gendis Suranto
|
√
|
||||
6
|
Azzura Novianty
|
√
|
||||
7
|
Farel Pratama
|
√
|
||||
8
|
Fazri Putra Irwana
|
√
|
||||
9
|
Gerald Visky Barker
|
√
|
||||
10
|
Hanif Hanafi
|
√
|
||||
11
|
Ifra Talitha
|
√
|
||||
12
|
M. Zhafran Maulana
|
√
|
||||
13
|
Muhammad Farhan
|
√
|
||||
14
|
Najwa ‘Izzaty Azzahrah
|
√
|
||||
15
|
Natasha Aliya Az-Zahra Putri
|
√
|
||||
16
|
Ragil Swastika Handini
|
√
|
||||
17
|
Safirah Anggraini
|
√
|
||||
18
|
Sifa Latifah Aisyah
|
√
|
||||
19
|
Syamsi Primanata
|
√
|
||||
Total : 19 Orang
|
8
|
7
|
3
|
1
|
Tabel Persentase Nilai Siklus I
|
||
Kategori
|
Siklus
I
|
|
Jumlah
|
Persentase
|
|
Belum Berkembang
|
8
|
43%
|
Mulai Berkembang
|
7
|
37%
|
Berkembang Sesuai
Harapan
|
3
|
16%
|
Berkembang Sangat
Baik
|
1
|
5%
|
GRAFIK
TINGKAT PENCAPAIAN HASIL BELAJAR ANAK SIKLUS I
1. Refleksi
a) Anak
yang dapat nilai belum berkembang (BB) sebanyak 8 anak (43%)
b) Anak
yang mendapat nilai mulai berkembang (MB) sebanyak 7 anak (37%)
c) Anak
yang mendapat nilai berkembang seseuai harapan (BSH) sebanyak 3 anak (16%)
d) Anak
yang mendapat nilai berkembang sangat baik (BSB) sebanyak 1 anak (5%)
HASIL
PENELITIAN SIKLUS II
1. Siklus
II
Untuk memperbaiki kelemahan dan
mempertahankan keberhasilan yang sudah di capai pada siklus I,dibuat
perencanaan kembali pada siklus II berdasarkan refleksi tersebut
1. Perencanaan
a) Penulis
mempelajari Kd dan menyusun RPPH
b) Berdasarkan
Kd disusun langkah-langkah pembelajaran
c) Untuk
siklus II Penulis mulai memberi perlakuan,dengan menggunakan media kartu
bergambar
2. Pelaksanaan
a) Memberikan
pembelajaran berhitung
b) Meminta
anak berhitung dari 1-10 dengan menggunakan kartu bergambar
c) Meminta
anak satu persatu berhitung dengan menggunakan kartu bergambar
d) Hasil
uji coba sebagai berikut ;
HASIL
UJI COBA PEMBELAJARAN BERHITUNG DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU BERGAMBAR
SIKLUS
II
NO
|
Nama
Anak
|
Nilai
|
||||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
|||
1
|
Airin Ghassaniy Ulya
|
√
|
||||
2
|
Alya Hikmah Mufidah
|
√
|
||||
3
|
Aprilia Khairunisa
|
√
|
||||
4
|
Assyifa Nur Hamiza
|
√
|
||||
5
|
Ayunda Gendis Suranto
|
√
|
||||
6
|
Azzura Novianty
|
√
|
||||
7
|
Farel Pratama
|
√
|
||||
8
|
Fazri Putra Irwana
|
√
|
||||
9
|
Gerald Visky Barker
|
√
|
||||
10
|
Hanif Hanafi
|
√
|
||||
11
|
Ifra Talitha
|
√
|
||||
12
|
M. Zhafran Maulana
|
√
|
||||
13
|
Muhammad Farhan
|
√
|
||||
14
|
Najwa ‘Izzaty Azzahrah
|
√
|
||||
15
|
Natasha Aliya Az-Zahra Putri
|
√
|
||||
16
|
Ragil Swastika Handini
|
√
|
||||
17
|
Safirah Anggraini
|
√
|
||||
18
|
Sifa Latifah Aisyah
|
√
|
||||
19
|
Syamsi Primanata
|
√
|
||||
Total : 19 Orang
|
0
|
2
|
5
|
12
|
Tabel Persentase Nilai Siklus II
|
|||||
Kategori
|
Siklus
II
|
||||
Jumlah
|
Persentase
|
||||
Belum Berkembang
|
0
|
0%
|
|||
Mulai Berkembang
|
2
|
10%
|
|||
Berkembang Sesuai
Harapan
|
5
|
26%
|
|||
Berkembang Sangat
Baik
|
12
|
63%
|
2. Refleksi
a) Anak
yang mendapat nilai belum berkembang (BB),(0%)
b) Anak
yang mendapat nilai mulai berkembang (MB) sebanyak 2 anak (10%)
c) Anak yang mendapat nilai berkembang sesuai
harapan (BSH) sebanyak 5 anak (26%)
d) Anak
yang mendapat nilai berkembang sangat baik (BSB) sebanyak 12 anak (63%)
BAB
V
KESIMPULAN
DAN SARAN
A.
Kesimpulan
Berdasarkan program dan data- data yang
dikemukan pada Bab IV, maka simpulan dari penelitian ini adalah sebagai berikut
: bahwa melalui media kartu bergambar dapat meningkatkan kemampuan berhitung
anak di tk islam At-taubah kec.bukit kapur dumai.
B. Saran
1. kepada
guru agar dapat menggunakan media kartu bergambar,karena telah terbukti bahwa
melalui media kartu bergambar dapat meningkatkan kemampuan anak dalam berhitung
2. kepada
pengelola /yayasan di harapkan menyediakan sarana dan prasarana penunjang
kegiatan pembelajaran serta mengadakan pelatihan kepada guru untuk meningkatkan
kualitas pendidikan.
3. Kepada
orangtua wali murid di harapkan untuk bisa bekerjasama dalam kegiatan yang di
laksanakan oleh sekolah.
DAFTAR
REFRENSI
http://tipsserbaserbi.blogspot.co.id/2016/02/pengertian-kemampuan-berhitung-pada-anak-usia-dini.html
😁
ReplyDelete