Tips Menulis Artikel Bagus dan Bernyawa

Oleh: AnneAhira.com

Sebuah artikel harus punya dua elemen yang bisa membuat pembacanya tergerak, atau setidaknya sudi membacanya. Yaitu artikel tersebut haruslah bagus dan menarik. Bagus berarti artikel itu baik secara isi dan kualitas, menarik berarti artikel itu dikemas dengan judul, gaya bahasa, ataupun attention getter yang enak dibaca.

Tantangannya berat bukan? Artikel Anda tidak hanya harus bagus, tapi juga harus menarik. Kalau Anda menguasai kedua teknik ini, percayalah, artikel Anda akan mempunyai “nyawa” dan bisa berkomunikasi sendiri dengan orang-orang yang membacanya. Jadi, mari menengok tips menulis artikel agar terlihat bagus dan bernyawa

Langkah Menulis Artikel Bagus

Yang pertama, pelajari elemen “bagus” dalam artikel. Bagus disini berarti artikel Anda harus berbobot dan berkualitas. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah riset atau penelitian tentang tulisan Anda. Cari sebanyak-banyaknya bahan untuk tulisan Anda. Riset ini bertujuan supaya tulisan Anda punya data empiris yang kuat, tidak ngawur, dan bisa dipertanggungjawabkan.

Jika sudah mendapatkan semua bahan yang dibutuhkan, segera pelajari bahan itu. Baca tulisan rujukan dan berulang-ulang sampai Anda mengerti maksud dan esensi rujukan itu. Di jaman serba canggih ini, Anda bisa dengan mudah mendapat bahan dan rujukan untuk tulisan.

Jika tidak ada akses internet, carilah bahan untuk tulisan di jurnal-jurnal ilmiah atau perpustakaan di dekat tempat tinggal Anda. Tujuannya supaya tulisan Anda sesuai dengan data dan fakta, dan bukan sekadar opini atau pendapat orang. Jangan mencari data yang tidak jelas keabsahan isinya.

Sudah dapat? Oke. Yang Anda lakukan adalah membaca berulang-ulang bahan itu sampai paham esensinya.

Buat Artikel Anda Semenarik Mungkin

Nah, kalau sudah melakukan langkah pertama, segera lakukan langkah kedua ini. Buat artikel Anda semenarik mungkin. Caranya mudah. Mulailah dengan judul dan paragraf awal yang menarik perhatian. Judul dan paragraf awal ini juga harus sudah mewakili semua isi artikel.

Buat judul yang ringkas dan menarik seperti, 5 Langkah Praktis Awet Muda, Rahasia Istri Disayang Suami, atau 7 Tips Praktis Menangani Anak Autis. Kalau sudah, berikan ilustrasi menarik di paragraf awal tulisan Anda.

Judul dan paragraf awal, sudah. Selanjutnya? Tentu saja isi artikel yang mengalir dan enak dibaca. Tidak perlu rumit-rumit dan membayangkan yang sulit-sulit kalau mau menulis artikel. Pejamkan saja mata Anda, ingat data-data penting dalam rujukan, lalu mulailah menulis. Begini lho ceritanya... dan sebagainya.

Anggap saja Anda sedang bercerita pada kakak atau saudara. Anggap mereka adalah pembaca yang membutuhkan artikel dan ilmu dari Anda. Tulis saja semua yang ingin disampaikan.

Kalau sudah, baca lagi tulisan Anda. Disinilah Anda waktunya melakukan pengeditan. Buang kalimat-kalimat yang tidak perlu atau perbaiki kata-kata yang salah ketik. Kalau sudah selesai melakukan fase ini, berarti selamat, Anda sudah berhasil menjadi seorang penulis artikel yang siap mempublikasikan karyanya. Sangat simpel dan mudah sekali bukan? Selamat menulis!

Langkah-Langkah Menulis Artikel Semudah Mengarang Bebas

Oleh: AnneAhira.com

Anda adalah seorang pelajar atau mahasiswa yang mendapat tugas untuk menulis artikel, sedangkan Anda tidak mampu untuk membuatnya. Atau Anda adalah seorang pekerja yang tugasnya membuat artikel sehari-hari walaupun Anda belum terbiasa? Jangan panik, seseorang yang tidak pandai menulis pun mampu untuk membuat artikel sebaik orang yang sudah berpengalaman. Mungkin langkah-langkah menulis artikel berikut dapat membantu Anda memecahkan persoalannya.


Tips Menulis Artikel

  1. Anda sebaiknya harus rajin membaca buku, baik majalah, Koran, ataupun berita di internet. Sekalipun Anda tidak gemar membaca, ada kalanya Anda juga harus menyimak berita di televisi. Tidak mungkin berita dapat tersaji kalau Anda sendiri tidak tau berita apa yang ingin disampaikan.
  2. Melihat keyword. Dalam menulis Artikel pastilah ada sebuah keyword atau kata kunci atau topik yang akan diangkat, sebaiknya Anda fokus dengan keyword yang ada, usahakan jangan keluar dari topik yang sedang Anda tulis.
    Misalnya, keyword yang ditulis mengenai penghijauan maka Anda harus fokus menulis tentang penghijauan, apa itu penghijauan, tahap-tahap penghijauan, akibat penghijauan, jangan sampai tulisan yang Anda buat melebar sampai abrasi pantai misalnya.
  3. Sesuaikan judul dengan keyword dengan judul yang Anda tulis. Misalnya Anda ingin membuat keyword tentang Angin topan. Maka sesuaikan judulnya seperti yang Anda tulis. Misalnya, Dampak Kerusakan Angin Topan
  4. Perhatikan tanda baca dan kesalahan tulisan sebelum Anda memposting tulisan. Membaca tulisan yang memiliki banyak kesalahan dalam ketikan akan melelahkan mata, dan membuat otak berfikir jadi dua kali.
  5. Jika tulisan Anda beralinea panjang, sebaiknya dibatasi, jangan terus disambung. Selain membuat mata lelah, tulisan Anda jadi tidak terlihat menarik. Jangan lupa beri bold (huruf tebal) atau (garis miring) underline, jika tulisan mempunyai istilah tertentu.
  6. Memberi gambar cukup membantu pembaca untuk memahami jenis tulisan yang Anda buat. Gambar jangan terlalu besar, sedang-sedang saja yang penting dapat di sisipkan pada tulisan yang Anda buat. Gambar juga dapat memberikan nuansa yang berbeda untuk tulisan.
  7. Kalau Anda mengutip jangan lupa sertakan catatan kaki dibawahnya. Jangan mengutip naskah secara utuh, karena selain Anda dinilai tidak kreatif, Anda akan dituduh plagiat oleh banyak orang.
  8. Isi artikel. Bahasa yang Anda gunakan sebaiknya Adalah bahasa baku. Untuk itulah gunanya membaca, selain memperkaya khasanah kosakata Anda, ilmu pun akan Anda dapat didalamnya.
    Selain itu artikel yang Anda buat haruslah informatif, agar pembaca selain nyaman dengan tulisan yang Anda sajikan. Tulisan Anda akan selalu dipercaya, hingga jikapun pembaca butuh informasi lagi, pastilah pembaca akan mencari tulisan Anda.
  9. Lihat ratting pembaca. Jika penilaian baik, maka Anda perlu belajar kembali pada tulisan yang Anda buat. Apa yang baik dari tulisan tersebut, maka ikutilah. Namun jika respon pembaca kurang baik, segeralah perbaiki dan mintalah pendapat orang banyak mengenai tulisan Anda tersebut. Jika sudah dikritik jangan jemu untuk mengubah tulisan Anda.
  10. Sebaiknya Anda punya gaya tulisan sendiri, sebab itu akan mencirikan pribadi Anda yang sesungguhnya.
  11. Jangan pernah minder dengan tulisan yang Anda buat. Anda harus pede. Jika kritikan orang lain membangun seraplah, namun jika jelek buang saja.

Apakah ketika melihat langkah-langkah menulis artikel diatas Anda sudah mempunyai sedikit wacana tentang membuat artikel? Mudah bukan? Sesuatu itu akan terasa mudah jika kita mau mencobanya, semoga tips menulis artikel diatas bermanfaat untuk Anda. Selamat menulis.

KISAH SEORANG ANAK LAKI-LAKI

Selamat pagi anak-anak, apa kabar kalian pagi ini? Bapak berharap kalian semua dalam kedadaan sehat dan penuh semangat untuk belajar. Pagi ini Bapak akan bercerita tentang kisah seorang anak laki-laki. Sementara Bapak bercerita nantinya kalian jawab pertanyaan ini: 1. Dimana keluarga Buyung tinggal? 2. Mengapa Buyung harus meninggalkan kampungnya? 3. Apa yang dialami Buyung pada awal perjalanannya? 4. Apa pesan orang tua di dalam hutan pada Buyung? Cerita bagian pertama Zaman dahulu, ketika Mandau masih desa kecil dan dikelilingi hutan tinggallah satu keluarga dengan seorang anak lelaki bernama Buyung. Mereka tinggal pada sebuah rumah sederhana.
Sehari-hari kerja Buyung hanya bermain-main di pinggir hutan dan sungai, karena sekolah tidak ada di desa itu.
Sebenarnya Buyung sudah bosan juga bermain sepanjang hari dan teman yang sebaya dengannya untuk bermain juga tidak ada.

Pada suatu hari, ayahnya berkata padanya: “Yung, demi masa depanmu kamu harus pergi meninggalkan desa ini. Karena di desa ini kehidupan kamu hanya akan begini-begini saja tanpa ada tantangan. Di luar sana banyak pengetahuan dan keterampilan yang dapat kamu pelajari untuk masa depanmu. Kamu akan menemui tantangan yang akan membentuk kepribadian kamu nantinya.
Oleh karena itu, walaupun Bapak sedih berpisah dengan kamu, Bapak menganjurkan kamu untuk pergi mengharungi hidup di luar sana.”
Buyung setuju dengan saran Bapaknya itu

Pada hari yang telah di tetapkan, dengan lambayan tangan perpisahan dari Bapak yang disayanginya, buyung pergi meninggalkan kampong yang dicintainya.

PERANAN LPMP DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI PROPINSI RIAU Drs. ASWIR ASTAMAN, M. Pd Widyaiswara LPMP Riau

Latar belakang
Dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 63 tahun 2009, ditegaskan bahwa Pendidikan nasional menjadi tanggung jawab bersama antara Pemerintah, pemerintah daerah, dan masyarakat dan oleh karena itu penjaminan mutu pendidikan menjadi tanggung jawab bersama ketiga unsur tersebut. penjaminan mutu pendidikan perlu terus didorong dengan perangkat peraturan perundang-undangan yang memberikan arah dalam pelaksanaannya.
Dalam pelaksanaannya, kementrian pendidikan nasional membentuk beberapa institusi yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan pendidikan antara lain:
1. Badan Standar Nasional Pendidikan
2. Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah
3. Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal
4. Direktorat Jendral Pendidikan Dasar
5. Direktorat Jendral Pendidikan Menengah
6. Direktorat Jendral Pendidikan tnggi
7. Badan Penelitian dan Pengembangan
8. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Semua institusi diatas berada di bawah Kementrian Pendidikan Nasional dan Kementrian Agama yang memiliki fungsi:
1. mengatur dan mengkoordinasikan pengembangan kebijakan, regulasi, dan strategi Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan;
2. melakukan sosialisasi penjaminan mutu pendidikan ke seluruh komponen yang terlibat;
3. mengatur dan mengkoordinasikan pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan di tingkat nasional;
4. melaksanakan dan memantau Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan; dan
5. melakukan tindak lanjut hasil pengukuran penjaminan mutu pendidikan.
Dari uraian tugas fungsi Kementrian Pendidikan dan Kementrian Agama diatas, dapat disimpulkan bahwa yang menjadi sasaran adalah mutu pendidikan. Mutu pendidikan adalah tingkat kecerdasan kehidupan bangsa yang dapat diraih dari penerapan Sistem Pendidikan Nasional. Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan yang selanjutnya disebut SPMP adalah subsistem dari Sistem Pendidikan Nasional yang fungsi utamanya meningkatkan mutu pendidikan.
Standar Pelayanan Minimal bidang pendidikan yang selanjutnya disebut SPM adalah jenis dan tingkat pelayanan pendidikan minimal yang harus disediakan oleh satuan atau program pendidikan, penyelenggara satuan atau program pendidikan, pemerintah provinsi, dan pemerintah kabupaten atau kota sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2007 tentang Pembagian Urusan Pemerintahan Antara Pemerintah, Pemerintahan Daerah Provinsi, dan Pemerintahan Daerah Kabupaten/Kota.
Tujuan akhir penjaminan mutu pendidikan adalah tingginya kecerdasan kehidupan manusia dan bangsa sebagaimana dicita-citakan oleh Pembukaan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang dicapai melalui penerapan SPMP.
Tingginya kecerdasan kehidupan manusia dan bangsa mengacu pada mutu kehidupan manusia dan bangsa Indonesia yang komprehensif dan seimbang yang mencakup sekurang-kurangnya:
a. mutu keimanan, ketakwaan, akhlak, budi pekerti, dan kepribadian;
b. kompetensi intelektual, estetik, psikomotorik, kinestetik, vokasional, serta kompetensi kemanusiaan lainnya.
Untuk tingkat Propinsi yang berhubungan lansung dengan penangan Pendidikan ini adalah Dinas Pendidikan Provinsi dan Kantor Kemenag Propinsi dan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan disamping Dinas pendidikan kabupaten Kota yang bertanggungjawab di Kabupaten Kota.
Dalam makalah singkat ini khusus dikupas peranan LPMP Riau yang berfungsi sebagai lembaga penjaminan mutu pendidikian di provinsi Riau


Tugas dan Fungsi LPMP
Dalam Permendiknas No.7 Tahun 2008, LPMP diamanatkan untuk melaksanakan penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah, termasuk TK, RA, atau bentuk lain yang sederajat di provinsi berdasarkan kebijakan Menteri Pendidikan Nasional. Fungsi LPMP adalah melakukan:
1. pemetaan mutu pendidikan dasar dan menengah termasuk TK, RA, atau bentuk lain yang sederajat;
2. pengembangan dan pengelolaan sistem informasi mutu pendidikan dasar dan menengah, termasuk TK, RA, atau bentuk lain yang sederajat;
3. supervisi satuan pendidikan dasar dan menengah, termasuk TK, RA, atau bentuk lain yang sederajat dalam pencapaian standar mutu pendidikan nasional;
4. fasilitasi sumber daya pendidikan terhadap satuan pendidikan dasar dan menengah, termasuk TK, RA, atau bentuk lain yang sederajat dalam penjaminan mutu pendidikan; dan
5. pelaksanaan urusan administrasi LPMP.
Untuk memperjelas arah yang akan dicapai LPMP, LPMP Riau merumuskan visinya sebagai berikut “Menuju pencapaian standar nasional pendidikan di Provinsi Riau melalui penjaminan mutu pendidikan”.
Sedangkan penyataan misi LPMP Riau adalah sebagai berikut:
1. Menciptakan system Penjaminan mutu pendidikan Secara bersinambungan.
2. Mendorong adanya peraturan daerah mengenai penjaminan mutu pendidikan pada tingkat Provinsi dan kabupaten/ kota.
3. Mengembangkan indikator-indikator pencapaian dalam memperkuat sistim penjaminan mutu pendidikan, termasuk melalui tim pengujian LPMP Riau
4. Melaksanakan pemetaan, supervisi, dan fasilitasi mutu pendidikan tingkat provinsi/ kabupaten/ kota.
5. Membangun partisipasi masyarakat, serta pemangku kepentingan, dalam pencapaian mutu pendidikan.

Program LPMP dalam Peningkatan Mutu
Untuk mewujukan tugas dan fungsi serta mencapai misi yang diemban, LPMP secara teratur melaksanakan kegiatan dan program yang bertujuan membantu satuan pendidikan untuk memenuhi 8 Standar Nasional pendidikan yang kegiatannya antara lain :
1. Pemetaan Mutu Pendidikan
Untuk dapat melaksanakan program dengan baik dan bermanfaat, LPMP melasanakan kegiatannya berbasiskan data dan informasi. Berdasarkan data ini dibuatlah pemetaan pendidikan. Beragam data yang dikumpulkan oleh LPMP, mulai dari jumlah guru disetiap kabupaten/Kota; data kualifikasi guru yang nantinya berguna untuk dasar dari sertifikasi guru. Demikian juga data tentang pelatihan yang dibutuhkan guru dan pelatihan yang pernah mereka ikuti
2. Pemberdayaan KKG/ MGMP
LPMP sebagai lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan tidak mungkin dapat menjangkau semua guru yang ada diseluruh kabupaten/kota yang ada di Propinsi Riau dan kepulauan Riau. Dengan alasan itu LPMP mengucurkan blockgrant untuk pelaksanaan KKG di SD dan MGMP untuk tingkat SMP, SMA dan SMK. KKG/ MGMP adalah wadah tempat guru belajar bersama, memecahkan masalah yang mereka hadapi selama proses belajar mengajar berlansung. KKG/MGMP ini dibimbing oleh instruktur lokal yang sebelumnya telah diberikan Pembekalan oleh widyaiswara di LPMP agar mereka mengetahui apa yang harus dikerjakan.
Pada tahun 2010 ini LPMP Riau mengucurkan blockgrant untuk 174 KKG/MGMP di Propinsi Riau dan Kepulauan Riau. Diharapkan KKG/MGMP ini merupakan perpanjangan tangan LPMP untuki menjangkau guru yang jauh dari pusat kota.
3. Bimbingan teknis KTSP
KTSP adalah kurikulum operasional yang merupakan acuan bagi setiap satuan pendidikan. Namun setelah berjalan sekian tahun, masih banyak kepala sekolah dan guru bahkan pengawas yang belum memahami hakikat dari KTSP ini. Memang hampir seluruh sekolah sudah menyatakan melaksanakan KTSP, tapi KTSP belum menjadi kurikulum operasional. Dokumen yang ada hanya sekedar untuk memenuhi syarat administrasi saja tanpa difungsikan sebagai kurikulum yang merupakan acuan dalam penyelenggaraan pendidikan di tingkat satuan pendidikan. Karena alasan itu LPMP Riau mendatangi sekolah untuk memberikan bantuan teknis dan memberi pemahaman yang lebih konkrit tentang kurikulum operasional ini.
4. Pembelajaran PAKEM/CTL
Pakem yang merupakan singkatan dari Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan menyenangkan, dilatihkan kepada guru-guru agar mereka dapat mengelola proses pembelajaran menjadi lebih dinamis, tidak monoton dan membangkitkan potensi siswa menjadi lebih maksimal. Sehingga belajar tidak menjadi beban yang menakutkan bagi siswa, tapi bagaimana mereka menikmati proses belajar mengajar yang harus mereka ikuti.
5. Tematik
Tematik sebenarnya adalah rangkaian dari PAKEM. Tematik ini dilatihkan khusus untuk guru kelas awal SD. Dalam pelatihan tematik, guru kelas awal dilatih untuk merancang materi dan kegiatan pembelajaran dengan tidak menonjolkan matapelajaran, tapi menonjolkan tema. Pembelajaran tematik ini sesuai dengan perkembangan kecerdasan siswa kelas 1, 2 dan 3 SD yang masih berpikir secara global.
Meskipun Tematik ini sebenarnya merupakan keharusan bagi sekolah SD untuk melaksanakan, namun sejauh ini menurut pantauan LPMP, beloum banyak sekolah yang melaksanakan sehimngga pembelajaran pada kelas awal SD masih menonjolkian mata pelajaran.
6. Strategy Persiapan menghadapi UN
Ujian nasional merupakan kegiatan rutin seetiap tahun, namun menimbulkan permasalahan dan kecemasan bagi berbagai pihak. Dibeberapa daerah Ujian nasional merupakan pertaruhan jabatan bagi kepala sekolah. Sebenarnya semua kecemasan ini tidak perlu terjadi, karena sudah merupakan prosedur dari suatu proses belajar mengajar bahwa untuk mengukur pencapaian hasil belajar diperlukan evaluasi atau ujian.
LPMP sebagai lembaga penjaminan mutu bersama-sama dengan guru merancang persiapan menghadapi ujian nasional ini. LPMP menawarkan program yang kalau di99laiksanakan dengan konsisten oleh guru di sekolah memungkinkan suatu sekolah lulus seratus persen. Program ini bukan trik atau strategi mengakali ujian nasional, tapi merupakan kegiatan yang dapat mengemjbangkan potensi siswa dalam menjawab soal ujian sesuai dengan kompetensinya.
7. Pelatihan Karya tulis ilmiah
Pekerjaan menulis adalah pekerjaan yang paling berat bagi hampir semua guru. Oleh karena itu menulis karya ilomiah yang merupakan salah satu persyarata untuk naik pangkat, merupakan persyaratan yang menghambat kenaikan pangkat guru. LPMP berusaha membantu kesulitan ini dengan mengadakan latihan penulisan Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan sekolah. Widyaiswara LPMP menuujukkan kepada guru, kepala sekolah dan pengawas bahwa menulis karya ilmia tidak sesulit yang mereka bayangkan. Secara praktis dilihatkan pada mereka bagaimana menemukan masalah dalam penelitian, dan dari masalah muncul judul.
Program LPM, dengan pelatihan satu hari, peserta sudah selesai Bab I, outlined Bab II dan tuntas Bab III. Sehingga selesai mengikuti pelatihan satu hari mereka sudah punya proposal penelitian. Mereka tinggal menindaklanjuti dengan melaksanakan penelitian untuk memproleh data agar bisa melanjutkan Bab IV dan V.

8. Lesson Study
Mulai tahun 2010 ini LPMP Riau secara intens menyebar luaskan Lesson Study di seluruh kabupaten kota di provinsi Riau dan Kepulauan Riau. Lesson study adalah suatu kegian pembinaan profesi guru untuk memperbaiki proses belajar mengajar secara terus menerus.
9. Pelatihan ICT
Kemajuan tekhnologi yang pesat memberi berbagai kemudahan bagi kalangan pendidik dalam melaksanakan tugasnya. O)leh karena itu LPMP juga memfasilitasi guru dengan pelatihan bagaimana pemanfaatan Kemajuan teknology informasi itu untuk memudahkan merancang proses belajar mengajar. LPMP juga membagikan laptop dan modem internet untuk guru-guru sekolah terpencil setelah mereka mengikuti pelatihan di LPMP.
10. Model Pembelajaran
Banyak guru yang sudah mengikuti pembelajaran PAKEM dan CTL, namun pelaksanaan yang ril didalam kelas masih banyak kelemahan. Dan LPMP berusaha membantu dengan program model pembelajaran untuk mencontohkan pembelajaran PAKEM dan Contextual Teaching and Learning di dalam kelas.
11. Classroom Language
Classroom Language adalah penggunaan bahasa Inggris di dalam kelas. Ini berlaku untuk sekolah-sekolah berstandar Internasional. Di kota Pekanbaru saja ada 8 sekolah RSBI. Seyogianya sekolah ini menggunakan juga bahasa Inggris untuk pembelajaran science. Karena tidak semua guru yang bisa berbahasa Inggris maka perlu diberi pelatihan classroom language ini.
Peutup
Program-program yang disebutkan diatas berlansung sepanjang tahun. Dan ini berjalan berkat kerja sama yang baik antara LPMP dengan dinas pendidikanh Provinsi dan dinas pendidikan Kabupaten Kota. Untuk tingkat propinsi LPMP juga selalu terlibat dengan pelatihan-pelatihan yang diadakan oleh dinas Pendidikan Propinsi dan BPG Riau. Dengan kegiatan ini LPMP berusaha untuk meujutkan Visi dan Misinya di Propinsi Riau dan Kepulauan Riau.

SUKSES

Sukses memang kata-kata yang paling enak didengar, indah untuk dibayangkan, namun paling pahit untuk diraih. Sukses menjadi sebuah cita-cita yang tertulis di setiap benak manusia. Pagi, siang , sore dan malam hari, kesuksesan menjadi bahan perbincangan mulut-mulut penuh optimisme. Jika di suatu tempat ada kesuksesan, maka disanalah manusia berkumpul sekalipun dalam api yang membara. Alhasil kesuksean menjadi buah bibir yang teramat popular dan tertulis megah disepanjang secarah manusia.
Namun demikian, kesuksesan adalah sosok yang eksklusif, dan not about datang dan menghampiri setiap orang. Hanya orang-orang tertentu saja yang diberi kesempatan untuk meraihnya. Sekalipun banyak orang berharap dan berteriak, “aku ingin sukses”. Namun tetap kesuksesan not pernah tergiur oleh angan-angan atau ucapan belaka. Kesuksesan hanya akan datang pada orang yang berusaha mendapatkannya bukan pada mereka yang banyak mengharapkannya.
Banyak orang yang berangan-angan dan berkata, “ingin sukses” tapi manakala dihadapkan pada jalan menuju sukses, ia berkata: “Oh itu bukan jalan saya, ini bukan jalan hidup saya, saya not mau menempuh jalan itu, saya terlalu tua, saya terlalu muda dan berbagai alasan lainnya setelah dia tahu ternyata jalan menuju kesuksesan penuh onak dan duri. Hal ini menandakan bahwa kesungguhannya untuk sukses hanyalah isapan jempol belaka. (Sumber, Toha Nasrudin, Peta Harta Karun)

Kenali Pemicu Mimpi Buruk

By Petti Lubis, Mutia Nugraheni - Jumat, 7 Mei
Wanita Mimpi
VIVAnews - Sebagian besar orang dewasa pernah mengalami mimpi buruk setidaknya satu kali dalam sebulan. Mimpi buruk ini terkadang membuat seseorang terbangun tiba-tiba, merasa pusing, lelah, dan tidur pun menjadi kurang berkualitas.
Penyebab mimpi buruk antara lain, konsumsi obat-obatan, gen yang tidak sempurna, penyakit saraf degeneratif seperti Alzheimer, dan peristiwa traumatis. Mimpu buruk juga mendera orang yang mengalami stres saat siang hari. Pada malam hari, emosi yang timbul karena stres siang hari, muncul dalam bentuk mimpi buruk.
Lalu, beberapa orang, terutama yang berkepribadian terbuka dan sensitif, mungkin memiliki batas tipis antara mimpi dan kenyataan. Sehingga, kejadian buruk saat siang hari bisa hadir saat malam hari dalam bentuk mimpi buruk.
"Mimpi buruk adalah mimpi yang bersifat disfungsional," kata Rosalind Cartwright, kepala pelayanan gangguan tidur dit Rush-Presbyterian - St. Luke's Medical Center, AS, seperti dikutip dari Best Health Mag.
Ketika Anda berusaha menenangkan perasaaan dan meredakan emosi negatif, otak pun memprosesnya. Emosi negatif yang berlebihan diproses, dan justru muncul saat Anda tidur melalui mimpi buruk. Jika Anda pernah berada dalam kecelakaan mobil yang buruk misalnya, Anda mungkin tidak dapat segera mengatasi rasa trauma dan emosi negatif yang muncul. Mimpi buruk pun akan mudah muncul.
Seperti Cartwright tulis dalam bukunya 'Crisis Dreaming', ia mengungkap kalau mimpi buruk adalah tangisan dalam bentuk lain. Terkadang mimpi buruk bisa membantu seseorang mencari resolusi untuk mengatasi masalah dan trauma yang dihadapinya. Tetapi, jika mimpi buruk dan tak kunjung hilang selama berhari-hari ada baiknya, berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater. (u

MASALAH PADA PENELITIAN TINDAKAN KELAS

Dalam beberapa kesempatan beberapa orang guru menanyakan apa yang harus ditulis dalam penelitian tindakan kelas. Atau dengan kata lain bagaimana menemukan masalah dalam PTK. Pengalaman saya ini mungkin penting bagi teman-teman guru yang berminat menulis PTK.

Ketika tahun 2005 diluncurkan Kurikulum Berbasis Kompetensi dan mata pelajaran bahasa Inggris diperkenalkan pendekatan baru Genre Based Approach, Kebetulan untuk propinsi Riau saya s Instruktur yang harus menyebarkan pendekatan baru ini kepada teman-teman guru Bahasa Inggris  SMP dan SMA. Dari pelatihan-pelatihan yang diadakan banyak guru-guru bahasa Inggris yang skeptis dan pesimis dengan pendekatan baru ini.
“Tidak mungkin berhasil, pendekatan ini tidak cocok untuk siswa kita. Terlalu sulit” demikian diantara lain komentar mereka.
Sebagai seorang guru saya juga bertanya-tanya dalam hati, apakah  memang pendekatan ini tidak cocok bagi siswa di sekolah? Karena itulah saya tertarik untuk mengadakan PTK di sekolah saya. Dari 12 Genre yang ada untuk SMA saya ambil satu Descriptive. Judulnya “MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI SISWA KELAS 10 SMA NEGERI 8 PEKANBARU MELALUI  TEKS DESKERIPTIF.  
Sekolah tempat  saya mengajar adalah sekolah yang inputnya terbaik di Propinsi Riau. Kalau di sekolah ini saja tidak berhasil apalagi disekolah yang inputnya tidak baik. Dengan demikian nantinya bisa disimpulkan bahwa pendekatan baru ini sesuai atau tidak sesuai diterapkan disekolah setingkat SMA.
Waktu itu saya sama sekali belum punya pengetahuan yang memadai tentang PTK. Yang penting saya lakukan saja. Tiga bulan selesai. Dan kebetulan ada lomba karya ilmiah untuk Widyaiswara. Saya kirimkan. Tak lama kemudian datang panggilan untuk presentasi ke Jakarta lengkap dengan formulir ukuran jas.
Saya mempresentasikan makalah saya tanpa beban, karena saya tidak ada target untuk menang, maklum pertamakali menulis karya ilmiah. Fantastis ketika diumumkan, dari 165 peserta makalah saya termasuk sepuluh besar, rangking enam. 

Catatan : Penelitian Tindakan Kelas bisa digunakan untuk menguji  keterlaksanaan suatu Pendekatan baru.